Hobi

Tak banyak orang tahu, ini kecanggihan mobil dinas Kapolri

Orang nomor satu di Kepolisian Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendapatkan fasilitas kendaraan mewah yang cukup canggih, selain Toyota Crown, Kapolri juga berhak mendapatkan mobil Toyota Land Cruiser sebagai mobil dinas sebagai Kapolri dengan kecanggihan di dalamnya.

Mobil tipe sport utility vehicle yang masuk keIndonesia dalam bentuk completely build up (CBU) ini dipasarkan untuk kalangan atas, mengingat harganya yang mencapai Rp2,2 miliar. Dengan harga tersebut pilihan mobil ini tentu bukan tanpa alasan.

Kecanggihan dan kemampuannya sebagai SUV tentu di atas rata-rata model SUV lainnya. Memiliki penggerak 4 roda, Toyota Land Cruiser hadir dengan sederet fitur canggih yang membantu pengemudi dalam menghadapi kondisi jalan berbagai medan mulai aspal hingga jalan ekstrem sekalipun.

Tpyota Land Cruiser
Mobil dinas Kapolri Toyota Land Cruiser Foto: Tribunenews

Merujuk pada standar mobil dinas orang nomor satu di kepolisian  sebelumnya, mobil dinas yang digunakan merupakan kendaraan model SUV premium yang harganya mencapai Rp2.5 miliar. Yakni Toyota Land Cruiser sebagai mobil dinas Kapolri, mobil ini juga akan digunakan Listyo Sigit selama menjabat sebagai Kapolri baru menggantikan Idham Azis yang purna tugas.

Sebagai kendaraan dinas Kapolri, Toyota Land Cruiser dipilih tak lain karena memiliki ketangguhan yang cukup baik di segala medan. Dibanding mobis dinas petinggi negara yang justru lebih banyak menggunakan model sedan.

Toyota Land Cruiser
Toyota Land Cruiser mbahnya mobil off road Foto: Doc Toyota

Kecanggihan mobil dinas Kapolri

Meski standar keamanan berbeda dengan mobil kepala negara yang memiliki spesifikasi tahan serangan peluru, namun di atas kertas, Toyota Land Cruiser terbilang mobil canggih dengan beberapa fitur modern untuk menunjang keamanan dan keselamatan di jalan raya.

Di atas kertas mobil dinas Kapolri ini memiliki perangkat keamanan mulai dari airbag yang akan membantu pengemudi dan penumpang mengalami benturan ketika terjadi kecelakaan. Penunjangnya, mulai dari sistem pengereman dengan ABS dan EBD, Brake Asist hingga emergency brake signal.  

Diantara kecanggihan, salah satu fitur yang cukup ciamik disematkan pada Toyota Land Cruiser yakni kemampuannya sebagai mobil yang mampu melibas jalan ekstrem seperti medan off road. Fitur pendukungnya terdapat multi terrain select, multi terrain monitor, crawl control, dan panoramic view monitor.

Toyota Land Cruiser
Toyota Land Cruiser mobil dinas Kapolri Foto: Toyota Global

Teknologi lain yang cukup jadi keunggulan mobil ini, Toyota juga menerima spesifikasi kustom untuk konsumen Land Cruiser yang membutuhkan keamanan. Salah satunya system keamanan tambahan dengan sertifikasi VR7 yang memungkinkan bodi mobil tahan dari ancaman tembakan peluru dari luar. Sistem penahan peluru tersebut terdapat di semua bagian mobil dari bodi hingga kaca.

Spesifikasi Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser dengan bodi bongsor yang memiliki berat total 2,6 ton ini tentu harus dibekali dengan mesin kapasitas besar guna menopang kekuatan performa mobil dari sektor pacu yang digunakannya.

Karenanya, Toyota Land Cruiser dibekali dengan mesin kode VD-FTV konfigurasi V8 32 valve berkapasitas 5,7 liter. Dari mesin tersebut tenaga yang mampu diletupkan sebesar 235 Ps pada 3.200 rpm.

Mobil SUV mewah ini dibanderol dengan harga mencapai Rp2,2 miliar lebih dan banyak digunakan sebagai mobil pejabat dan orang kaya di Indonesia.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close