Hot

‘Kehilangan’ ayahnya yang juga idap bipolar, Marshanda tulis pesan haru

Marshanda blak-blakan akui sedang menjalani pengobatan untuk mengatasi sindrom bipolar yang diidapnya. Ternyata kondisi itu juga dialami oleh ayahnya, Irwan Yusuf. “Karena papahku itu dianggap remeh sama banyak orang, karena dia punya penyakit mental. Papah pernah didiagnosa sama dokter aku yang dulu. Papah juga didiagnosa bipolar dengan ciri psikotik,” kata Marshanda dalam acara Q&A Metro TV pada 2019 lalu.

Kemunculan ayahnya Marshanda yang mengejutkan

Irwan Yusuf meninggalkan keluarga saat si aktris masih kecil. Kemunculan ayahnya Marshanda sempat menghebohkan publik beberapa tahun lalu. Irwan sempat terjaring Petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) di kawasan Jalan Bangka, Jakarta Selatan. Ketika itu, Irwan disangka pengemis.Kepada petugas, dia mengaku sebagai ayah kandung Marshanda. Setelah itu dia sempat dijemput oleh keluarganya di dinas sosial dan dibelikan rumah oleh Marshanda.

Baca juga: Satu SMA sama BCL, Raditya Dika ngefans banget, sampai lakukan hal ini

Tapi Irwan tidak menempati rumah pemberian anaknya. Kabarnya, di 2017 dia sempat tinggal di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, di daerah Malang, Jawa Timur. Santer diberitakan, di sana Irwan belajar ilmu agama. Kabar itu dibenarkan oleh Khofifah Indar Parawansa yang saat itu menjabat sebagai Menteri Sosial. “Betul (Irwan berada di pondok pesantren Bahrul Maghfiroh). Sejak awal terberitakan di media,” kata Khofifah kala itu dikutip dari Suara.com.

Marshanda dan ayahnya, Irwan Yusuf. Foto: Suara.com

Tapi kelihatannya Marshanda kini tidak mengetahui keberadaan Irwan. Sebab, dia mengunggah surat di media sosial berharap pesannya sampai kepada ayahnya.

Pesan haru Marshanda untuk ayahnya

Menyampaikan rindu ke ayah, Marshanda menulis pesan hari di hari ulang tahun Irwan yang jatuh pada 18 Agustus. “Aku kehilangan banyak hal yang kusayang dan sadar tidak ada yang benar-benar menjadi milikku. Malam ini aku bersyukur atas waktu yang kita miliki meski singkat. Di sedikit waktu yang kita miliki, aku tetap bersyukur. Walau tidak ada di sisiku, aku tetap merasa kehadiran ayah,”  tulisnya dalam Instagram pada Kamis, 17 September 2020.

Dia juga mengunggah foto masa kecil bersama ayahnya. “Aku memikirkan ayah dan mencari fotomu. Aku sudah melewati masa-masa merindukan dan menangisi ayah. Dan saat ini aku bisa merasakan kehadiranmu. Aku berharap kamu tahu kalau aku memikirkan ayah di hari ulang tahunmu.”

Meski tidak bertemu, dia berharap ayahnya tahu kalai dia mencintai dan menerimanya. “Selamanya ayah ada di hatiku, dan ku berharap ayah juga begitu. Aku berharap ayah tersenyum saat membaca ini. Selamat ulang tahun, papa.”

Berharap seseorang akan menyampaikan isi hatinya

Marshanda kecil bersama ayahnya. Foto: Instagram

Marshanda bercerita kalau dia sudah menulis pesan itu tepat pada 18 Agustus 2020, hari ulang tahun ayahnya. Dia ingin ayahnya tahu, kalau dia selalu menyayanginya.

“Kini aku memutuskan untuk membagikan surat yang aku tulis untuk Papa. Aku berharap seseorang akan membacanya dan memberi tahu ayah puisi yang aku tulis untuknya. Jadi, ayah tahu kalau dia masih sangat berarti untukku. Bahwa aku masih mengingatnya. Di dalam hati ku, ada cinta yang besar untuknya. Aku tidak tahu mengapa takdir memisahkan kita. Kita hanya bersama dalam beberapa foto lama. Kebersamaan kita samar di ingatanku.”

Dia ayahnya tahu perasaan terdalamnya. “Bagaimanapun keadaan ayah, ketahuilah ayah dimaafkan. Ayah melakukan yang terbaik di setiap waktu. Jadi jangan merasa gagal. Kamu adalah ayahku dan aku mencintaimu lebih dari yang ayah tahu. Aku menerima ayah dengan segala kelebihan dan kekurangan.”

Dia pun merasa bersyukur meski hanya menghabiskan sedikit waktu dengan ayahnya. “Aku berharap ayah mengingatku dan tersenyum lagi. Kalau butuh selamanya mengingat ayah, aku bersedia. Kalau bersamamu hanya ada dalam ingatanku, tidak apa-apa. Aku bersyukur. Terima kasih sudah ada di lima tahun kehidupanku dan menjadi orang yang hangat, lucu dan penyayang. Aku menerima ayah, masa lalu ayah, perjalanan ayah, kisah kita. Aku berharap kasih sayangku bisa memberi sedikit kegembiraan di hidup ayah setelah membaca surat yang aku buat untukmu,” tutup Marshanda.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close