Trending

Kelakuan Puan matikan mikrofon, Andi Arief: Dulu kau menangis saja kami tampung

Dinamika dalam pengesahan RUU Cipta Kerja menjadi undang-undang diwarnai dengan drama mematikan mikrofon. Dalam tayangan siaran langsung, insiden mikrofon ini terjadi saat palu pengesahan bakal diketok oleh pimpinan sidang, Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin.Dalam tayangan video, insiden mematikan mikrofon melibatkan kelakuan Puan Maharani, si Ketua DPR.

Nah gara-gara kelakuan Puan Maharani yang sengaja mematikan mikrofon anggota DPR dari Fraksi Demokrat, Irwan Fecho yang sedang interupsi, putri Megawati Soekarnoputri itu pun disindir habis oleh politikus Partai Demokrat, Andi Arief.

Baca juga: Respons kelakuan parlemen, AHY: Mohon maaf masyarakat Indonesia…

Insiden mikrofon dan kelakuan Puan

Ketua DPR Puan Maharani (kanan) didampingi Wakil ketua DPR Aziz Syamsuddin (kedua kanan) dan Rachmat Gobel (kiri) di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Foto: Antara

Dalam sidang paripurna pengesahan RUU Cipta Kerja pada Senin petang 5 Oktber 2020, terjadi beberapa kali insiden pimpinan sidang mematikan mikrofon.

Pertama saat perwakilan fraksi menyampaikan sikap dan pandangan akhir atas RUU Cipta Kerja yang dibatasi 5 menit saja. Namun ada yang bicara melebihi 5 menit akhirnya mikrfon dimatikan. Dalih pimpinan sidang, mikrofon otomatis diatur untuk nyala 5 menit.

Hal ini sempat menuai protes dan perwakilan fraksi minta tambahan waktu beberapa menit. Nah, insiden mikrofon kembali terjadi saat pimpinan sidang mau mengetok palu tanda pengesahan UU Cipta Kerja. Anggota Fraksi Partai Demokrat Irwan Fecho mengajukan interupsi meminta penundaan pengesahan.

Keriuhan terjadi. Tapi Irwan tetap menyampaikan interupsinya dengan nada keras.

“RUU ini menghilangkan kewenangan-kewenangan kami di daerah, menghilangkan hak-hak rakyat kecil,” ujar Irwan.

Saat Irwan berbicara, pimpinan sidang Azis dan Puan Maharani terlihat menunjukkan kode untuk mengakhiri Irwan berbicara. Gestur tangan Puan terlihat mengarahkan tangannya ke meja di depannya.

Berbarengan dengan gestur Puan tersebut, Irwan terus melanjutkan interupsinya.

“Kawan-kawan, kalau mau dihargai tolong menghar…,” Suara Irwan hilang di mikrofon.

Ternyata gestur Puan itu adalah mematikan mikrofon sehingga Irwan tak bisa bicara lagi, suaranya di mikrofon hilang.

Disindir Andri Arief

Puan Maharani
Puan Maharani. Foto: Instagram @puanmaharaniri

Drama mikrofon dan kelakuan Puan ini disoroti Andri Arief. Dia menjadi teringat lagi saat dulu PDIP menjadi oposisi di parlemen. Kala itu Puan Maharani menangis dalam menyampaikan protesnya di parlemen.

Baca juga: Gatot disindir Danjen Kopassus: Jangan sembarang pakai baret merah

Momen itu mengingatkan dia pada insiden anggota Fraksi Demokrat yang dimatikan mikrofonnya saat bicara. Padahal dulu saat PDIP jadi oposisi, mereka diberikan ruang untuk menyampaikan interupsinya.

“Anggota Fraksi Demokrat sedang bicara, tiba-tiba mik dimatikan. Dulu kau menangis saja kami berikan tampungan dalam wajan-wajan penghormatan. Puan Maharani,” sindir Andi dalam cuitan di akun Twitternya.

Nah bagi kamu sobat Hopers yang kehilangan momen kelakuan Puan tu, warganet punya potongan videonya lho. Nih videonya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close