Trending

Kelompok ini nekat ubah lambang Garuda Pancasila, jadi begini bentuknya

Sekelompok orang nekat mengubah bentuk lambang burung Garuda Pancasila, padahal setiap bentuk memiliki makna tersendiri.

Lambang negara Republik Indonesia yang telah dirancang sedemikian rupa merupakan keputusan mutlak bangsa Indonesia. Namun baru-baru ini ada sebuah kelompok yang tergabung dalam Paguyuban Tunggal Rahayu di Garut yang mengganti lambang Garuda Pancasila.

Baca juga: Terkait ucapan Puan soal Minang, aktivis usul Sumbar jadi negara bagian

Menyadur dari Suara.com, dalam sebuah laman komunitas di jejaring media sosial Facebook, terdapat sejumlah foto maupun video yang memperlihatkan adanya lambang burung garuda di sebuah ruang pertemuan paguyuban.

Paguyuban Tunggal Rahayu di Garut, Jawa Barat, kembali membuat geger. Kini, mereka menjadi perbincangan hangat lantaran mengubah lambang Garuda Pancasila. Foto: Suara.com via Facebook
Paguyuban Tunggal Rahayu di Garut, Jawa Barat, kembali membuat geger. Kini, mereka menjadi perbincangan hangat lantaran mengubah lambang Garuda Pancasila. Foto: Suara.com via Facebook

Ketika dilihat lebih jelas, ternyata lambang burung garuda yang terpampang dalam ruangan tersebut memiliki perbedaan yang mencolok, yakni kepala burung garuda yang tadinya menghadap ke sebelah kanan, diganti menjadi ke arah depan.

Lambang burung garuda yang diubah. Foto: Suara.com via Facebook
Lambang burung garuda yang diubah. Foto: Suara.com via Facebook

Meski begitu, tak diketahui lebih lanjut, apakah jumlah bulu yang terdapat di leher burung garuda versi paguyuban tersebut masih sebanyak 45 helai.

Sebelumnya, pada awal tahun 2020 silam tepatnya pada bulan Februari, Paguyuban Tunggal Rahayu yang berada di Desa bayusari, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, pernah membuat heboh warga setempat.

Hal itu terjadi lantaran, warga setempat menduga bahwa paguyuban itu merupakan kelompok yang ingin mendeklarasikan kerajaan baru.

Kendati demikian, anggapan tersebut sudah dibantah oleh tokoh masyarakat setempat yang juga menjabat sebagai Ketua RW bernama Aceng. Menurutnya, paguyuban itu merupakan kelompok biasa dan tak ada niatan membuat sebuah kerajaan baru.

“Bahkan saya sebagai masyarakat merasa aman-aman saja, kondusif dan tidak ada yang diragukan dengan paguyuban itu, karena selama ini kegiatannya sangat positif hanya istghosah memohon kepada Allah agar jaga dan diberi keselamatan,” kata Aceng.

Makna kepala Garuda Pancasila yang menghadap ke kanan

Lambang burung Garuda Pancasila. Foto: Antara
Lambang burung Garuda Pancasila. Foto: Antara

Untuk diketahui, tak sembarang simbol, arah kepala Garuda Pancasila memiliki makna tersendiri.

Berdasarakan buku berjudul Meneroka Garuda Pancasila dari Kisah Garudeya karya Femi Eka Rahmawati, kepala Burung Garuda menoleh ke kanan merupakan pelambangan dari adanya kebaikan dan kebenaran.

Terlebih, pemikiran leluhur bangsa kita berharap agar Indonesia menjadi negara yang benar dengan tidak menempuh jalan-jalan yang salah. Penilaian terhadap arah yang menunjukkan ke kanan merupakan arah yang baik sudah tertanam sejak zaman dahulu kala.

Tak heran jika kepala Burung Garuda Pancasila dibuat menghadap ke kanan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close