Fit

Teruji, kemampuan ‘bicara’ Achmad Yurianto ternyata pernah bikin Terawan KO!

Nama Achmad Yurianto tiba-tiba melambung. Hari ini ia dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan periode 2021-2026.

Achmad Yurianto (Yuri) namanya dikenal publik sejak tampil di TV menyampaikan update seputar angka pasien covid-19 di awal-awal pandemi covid-19. Kala itu bahkan namanya sempat dijuluki sebagai pembawa berita kematian.

Nama Yuri sebelumnya cukup diperhitungkan, saat menjadi jubir penanganan COVID-19, Yuri menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, di bawah kepemimpinan mantan Menkes Terawan Agus Putranto.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto (tengah) saat evakuasi 188 awak kapal World Dream di Jakarta. Foto Instagram @kemenkes_ri

Kinerjanya pun bisa dibilang berbuah hasil, lalu pada 9 Maret 2020, Menteri Terawan melantik Yuri sebagai Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes.

Namun sayangnya jabatan Yuri sebagai Dirjen hanya berlangsung sejak awal Maret hingga pertengahan Oktober 2020.

Setelah 140 hari pada 20 Juli, posisi dr Yuri digantikan oleh Wiku Adisasmito. Dr Yuri digeser Terawan sebagai Staf Ahli Menkes Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi.

Hal itu tentu menimbulkan tanda tanya di masyarakat. Sejak itu, nama Yuri dan Terawan kerap disandingkan. Dari mulai kinerja hingga popularitas keduanya turut diperbincangkan.

Yuri disebut telak kalahkan Terawan

Meski sama-sama punya background medis, namun tak banyak yang tahu bahwa ternyata Yuri pernah membuat Terawan ‘knockout’ (KO) dalam hal ‘public speaking‘.

Tak cuma Terawan, kemampuan Yuri sebagai juru bicara bahkan juga pernah ada di atas Presiden Jokowi.

Lembaga riset Indonesia Indicator (I2) pernah menobatkan Achmad Yurianto sebagai top influencer isu COVID-19. Ia kala itu disebut mengalahkan Terawan yang menjabat Menteri Kesehatan bahkan juga mengalahkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Juru Bicara pemerintaah untuk Covid-19
Juru Bicara pemerintaah untuk Covid-19, Achmad Yurianto. Foto Instagram @sekretariat.kabinet

Meski pernyataan yang ia lontarkan beberapa kali sempat menuai kontroversi, namun Yuri dinilai mampu mengembalikan kepercayaan publik sehingga kembali menduduki peringkat pertama.

“Dikaitkan dengan isu public trust penempatan Yurianto sudah cukup baik dan situasi komunikasi relatif terkendali, jika dibandingkan sebelum ada jubir khusus,” kata Rustika Herlambang, Direktur Komunikasi I2 seperti dilansir Antaranews Selasa 28 Maret 2020 silam.

lebih lanjut, Rustika juga memandang ini sebagai hal yang positif mengingat Yuri adalah sosok yang menempati posisi strategis sebagai juru bicara.

“Hal ini merupakan satu hal yang positif, media dan masyarakat punya satu arahan di publik terkait perkembangan isu corona di Indonesia,” ujarnya.

Di bawah Yurianto, posisi berikutnya secara berturut-turut dipegang oleh Presiden Jokowi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Ketua BNPB Doni Monardo.

Indikator yang dipakai adalah seberapa sering pernyataan mereka soal COVID-19 dikutip oleh media. Yuri yang menempati posisi pertama, memiliki 114.983 pernyataan yang dikutip oleh media.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan yang lama tak kelihatan kalah jauh dengan menduduki peringkat ke-14, satu tingkat di bawah Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, dan Menkopolhukam Mahfud MD.

Akibat posisi yang terjun bebas ini, Terawan diminta untuk belajar dari Yurianto mengingat keduanya sama-sama pernah membuat pernyataan kontroversial.

Bedanya, Yuri berhasil memperbaiki dan menjadi lebih hati-hati dalam menyampaikan informasi sementara Menkes Terawan menghilang begitu saja.

Selain itu, yang menarik adalah munculnya nama Presiden Donald Trump yang berada di posisi ke-8.

“Hal yang menarik adalah munculnya nama Presiden AS Donald Trump di posisi top influencer media Indonesia juga menunjukkan figur ini ternyata cukup menarik perhatian media,” kata Rustika.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close