Trending

Kemenkes: Indonesia negara terbaik di dunia dalam penanganan Covid-19

Sejak beberapa pekan terakhir, penambahan kasus Covid-19 di Indonesia mulai mengalami penurunan. Itulah mengapa, upaya penanggulangan pandemi di Tanah Air mendapat apresiasi tinggi dari negara lainnya.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, menurut data yang dihimpun dari John Hopkins University, Amerika Serikat, penanganan pandemi di Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

“Mengutip salah satu publikasi dari situs ourworld.org data dari John Hopkins University, data yang terakhir di-update pada 12 September 2011 menyatakan penanganan Covid-19 di Indonesia diapresiasi sebagai salah satu yang terbaik di dunia,” ujar Siti Nadia, dikutip Kamis 16 September 2021.

Menurut Nadia, angka konfirmasi kasus positif harian di Indonesia telah turun drastis dibandingkan periode kenaikan kasus sebelumnya. Pada 13 September 2021, sempat mencatatkan angka temuan kasus harian terendah sejak bulan Mei 2021, yakni 2.577 kasus.

Meski penambahan harian mulai menurun, namun menurutnya, masyarakat diimbau tetap meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas tak perlu dan menghindari kerumunan serta segera melakukan vaksinasi sesuai dengan jadwalnya.

“Tentunya kita tidak ingin lalai dan lengah sehingga kembali menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Kita juga terus melakukan upaya antisipasi agar tidak terjadi kecolongan masuknya varian baru Covid-19 dengan memperketat pengawasan pada pintu masuk Indonesia,” tegasnya.

ilustrasi vaksinasi. foto: Ist
ilustrasi vaksinasi. foto: Ist

Antisipasi dalam penanganan Covid-19 di Indonesia

Lebih jauh, Nadia menambahkan, pihaknya sejauh ini telah menerapkan sejumlah upaya antisipasi, salah satunya yakni kewajiban pelaku perjalanan luar negeri melakukan tes PCR serta karantina selama delapan hari.

Pada masa karantina tersebut, kata Nadia, dilakukan lagi tes PCR kedua setelah hari ketujuh kedatangan untuk memastikan pelaku perjalanan luar negeri positif ataukah negatif dari Covid-19.

“Kemenkes mengimbau semua pihak yang terkait dengan pengawasan di pintu masuk negara ini dapat berkoordinasi dengan baik dan memperketat penjagaan dan pengawasan demi melindungi masyarakat kita agar tidak terpapar Covid-19 varian baru yang lebih cepat penularannya dan tentunya lebih sulit pengendaliannya,” kata dia.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close