Trending

Kemunculan buaya besar di kali bikin gempar Depok

Kemunculan seekor buaya besar berukuran lebih dari 2,5 meter di permukaan Kali Pesanggerahan, membuat gempar sejumlah warga di Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Data yang dihimpun menyebutkan, buaya tersebut memang kerap muncul sejak beberapa hari lalu. Namun, sebagian besar warga lainnya menganggap itu hanyalah biawak.

Baca juga: Dokter Andhika terpapar COVID-19, gugur dan disalatkan di ambulans

Dan ternyata, kali ini buaya tersebut muncul ke permukaan. Sejumlah warga yang melihat langsung berteriak dan melaporkan kasus ini ke petugas terdekat. Hasilnya, buaya besar dengan berat sekira lebih dari 60 kilo gram itu akhirnya berhasil diamankan warga Depok.

Kemunculan buaya besar di Depok. Foto: Darmawan
Kemunculan buaya besar di Depok. Foto: Darmawan

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo menuturkan, awalnya ia mengetahui hal itu (kemunculan buaya) dari media sosial.

“Terus pas kami telusuri apakah benar ada buaya di Sawangan, ternyata benar, tepatnya ditemukan di Kali Pesanggarahan. Terus saya komunikasi dengan warga setempat akhirnya buaya tersebut kami amankan,” katanya pada Selasa 4 Agustus 2020

Denny mengaku, pihaknya terpaksa mengevakuasi buaya tersebut karena khawatir dengan keselamatan warga dan hewan itu sendiri. Sebab, di sekitar lokasi banyak perumahan.  

“Saat ini kami coba berkoordinasi ke balai satwa supaya ini bisa ditindaklanjuti. Intinya kami responsif lah atas laporan masyarakat.”

Kemunculan buaya besar di Depok. Foto: Darmawan
Kemunculan buaya besar di Depok. Foto: Darmawan

Lebih lanjut Denny mengatakan, berdasarkaan pantauan sementara, diduga buaya tersebut adalah habitat asli di kali tersebut.

“Dugaan sementara ini buaya liar asli habitat sana, karena menurut data kami yang ada buaya itu Kali Ciliwung dan Kali Pesanggrahan. Untuk kami akan terus melakukan penyisiran untuk memastikan keberadaan hewan tersebut, karena ini termasuk satwa dilindungi.” (Darmawan)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close