Hobi

Kenapa black box pesawat warnanya oranye? Ini penjelasannya

Kenapa black box pesawat warnanya oranye bukan hitam? Berikut ini Hops.ID akan memberikan penjelasannya.

Dalam setiap kecelakaan pesawat, black box selalu menjadi benda penting yang dicari-cari oleh tim penyelamat selain korban dan puing badan pesawat.

Black box merupakan sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi, umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan alias Flight Data Recorder (FDR) dan perekam suara kokpit alias Cockpit Voice Recorder (CVR).

Black box memang salah satu perangkat terpenting yang digunakan untuk merekonstruksi peristiwa yang menyebabkan kecelakaan pesawat. Perangkat ini biasanya dipasang di bagian ekor pesawat dan menjadi benda yang paling tahan dari kecelakaan.

Melansir India Today, Selasa 12 Januari 2021, black box dilapisi baja dan dikelilingi oleh beberapa lapisan isolasi sehingga tetap terlindungi dari benturan, kebakaran hingga kondisi iklim yang ekstrem sekalipun.

Black box. Foto: The News Minute

Black box sendiri mencatat kondisi penerbangan secara aktual, termasuk ketinggian, kecepatan udara, heading, akselerasi vertikal dan aircraft pitch.

Perekam suara kokpit atau Cockpit Voice Recorder (CVR), merekam transmisi radio dan suara di kokpit, seperti suara mesin dan suara pilot.

David Warren dari Aeronautical Research Laboratories di Melbourne merupakan penemu black box pada tahun 1953. Ayah Warren yang tewas dalam kecelakaan pesawat melatarbelakangi ia menciptakan black box.

Tujuan ia menciptakan black box adalah untuk membantu mengidentifikasi alasan kecelakaan pesawat, dengan merekam petunjuk apa pun dalam percakapan awak pesawat.

Kemudian pada tahun 1960 Australia menjadi negara pertama yang mewajibkan pesawat untuk memiliki black box di dalamnya.

Kenapa black box warnanya oranye?

Lalu mengapa black box memiliki warna oranye? Mungkin sebagian masih bingung kenapa black box pesawat memiliki warna oranye bukan hitam seperti namanya.

Ternyata, alasan kenapa black box memiliki warna oranye adalah agar lebih mudah ditemukan dalam pencarian jika kecelakaan terjadi. Jika saja black box itu memiliki warna hitam, maka tentu akan sulit dicari jika terjadi kecelakaan.

Black box
Black box yang ditemukan oleh David Warren Foto: ABC.net

Warna oranye yang cerah membuat black box jadi mudah terlihat karena warna benda-benda alam tidak banyak yang memiliki warna demikian. Alasan lain adalah karena black box dicat atau dilapisi dengan cat oranye yang tahan panas.

Sementara itu menurut Kompas, penamaan black box berawal dari sejarah penggunaannya di masa Perang Dunia II, di mana alat pendeteksi ini dicat warna hitam agar tidak memantulkan cahaya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close