Fit

Kenapa ngupil bisa batalkan puasa, UAS kasih penjelasan

Ada beberapa perkara yang dapat mem-batal-kan puasa Ramadan, di antaranya memasukkan sesuatu ke dalam tubuh, melalui tujuh perlubangan yang dimiliki tiap manusia, secara sengaja. Lantas, batalkah puasa jika ngupil?

“Ada yang berkeyakinan asal masuk ke rongga, batal. Rongga hidung, rongga telinga, rongga mata, batal. Makanya dibilang ngupil batal, karena memasukkan sesuatu ke rongga,” kata dai kondang Ustaz Abdul Somad, disitat pernyataannya dalam fiqih Ramadan, di Youtube, Jumat 24 April 2020.

Baca Juga: Sikat gigi batalkan puasa? Ini penjelasan Ustaz Abdul Somad

Jamaah Masjid Tiban di Gedongmulyo, Lasem, Rembang. Foto: Santri Bean Wetan via PicasaPicasa
Jamaah Masjid Tiban di Gedongmulyo, Lasem, Rembang. Foto: Santri Bean Wetan via PicasaPicasa

Selan ngupil, hal lain apa lagi yang membuat batal puasa? Kata Ustaz Abdul Somad, mengkorek kuping juga bisa mengugurkan puasa. Sebab memasukkan sesuatu ke dalam rongga.

“Kalau suntik batal enggak Pak Ustaz? Jawabannya suntik obat enggak batal, suntik sakit perut, suntik sakit kepala, suntik demam, tak batal. Yang batal puasa itu kalau suntik infus. Karena infus itu makanan,” kata ustaz jebolan Al-Alzhar ini.

“Wah kalau infus itu tak batal, enaknya orang-orang kaya, pejabat-pejabat itu enak saja pakai infus.”

Assalamualaikum, pesan infus 60. Habis itu masuk dua botol, kemudian gelar rapat. Sementara anak-anak buahnya letoy semua. Kenapa, kalian pada lesu semua, hah? Tengok saya, puasa tetap fit. Rupanya sudah dua botol yang masuk. Pantaslah fit,” canda UAS yang disambut tawa para jemaah.

Ustaz Abdul Somad kemudian juga menyebut kalau menggunakan obat tetes telinga tak membuat batal. UAS sejauh ini sadar persoalan rongga memang membuat orang bertanya-tanya. Termasuk untuk urusan mandi di sungai.

Kata UAS, mandi di sungai itu kalau kentut bisa membuat batal. Mengapa? Sebab waktu kentut, rongga perlubangan tubuh itu terbuka, dan bisa membuat air masuk ke dalam. Makanya disebut bisa membuat batal.

“Kalau menangis batal enggak Pak Ustaz? Menangis tak batal. Menangis sambil minum teh es itu baru batal,” katanya lagi disambut tawa.

Pemantauan Hilal penetapan awal ramadan Foto: Suara

Sementara itu Imam Masjid Baitur Ridwan, M Husen dalam sebuah keterangan juga mengatakan, ada beberapa kebiasaan yang berpotensi membatalkan puasa.

“Masuknya benda dari bagian lubang tubuh itu bisa membatalkan puasa, seperti mulut, hidung, kuping, kemaluan dan lainnya,” katanya.

Maka itu ngupil atau memasukkan jari ke lubang hidung juga bisa berpotensi membatalkan puasa. Bila masih sebatas di sekitar rongga hidung, kata dia, masih diperbolehkan, namun bila masuk ke dalam batang hidung terlalu dalam dapat membatalkan puasa.

“Makanya saat wudhu itu saat membersihkan hidung, cukup di rongganya saja,” ujarnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close