Trending

Kepergok tak pakai masker saat gowes di Bundaran HI, Anies langgar aturan?

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tertangkap kamera tak pakai masker saat gowes sepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu 14 Juni 2020. Sebagian pihak menilai, Anies melanggar aturan yang tertulis dalam Pergub DKI nomor 41 tahun 2020 tentang kewajiban mengenakan masker saat berada di luar rumah.

Kala bersepeda bersama rombongan lain, Anies terlihat hanya mengenakan pelindung wajah alias face shield tanpa dilengkapi masker. Ia mengaku, hal tersebut lebih nyaman lantaran membantu pernafasannya lebih baik.

“Saya pakai masker kalau duduk, bicara sehari-hari. Kalau naik sepeda ya pakai face shield agar enggak susah bernafas,” ujar Anies saat ditemui pewarta di Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Tempo.

Baca juga: Kontroversi Holywings, dr.Tirta ikut nongkrong kala pandemi?

Menurut laporan yang sama, meski Anies Baswedan tak pakai masker, namun ia mengingatkan masyarakat Ibu Kota jangan melakukan hal serupa saat olahraga. Kata dia, di beberapa lokasi, kerumunan mulai terlihat. Sehingga, mereka masih diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Anies Baswedan Gowes. Foto: RMOL
Anies Baswedan Gowes. Foto: RMOL

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan itu mengimbau, yang boleh keluar rumah untuk olahraga hanya mereka yang kondisi tubuhnya sehat. Jika tidak, lebih baik berdiam diri saja di rumah.

“Nah, untuk yang dalam kondisi tidak sehat atau sakit tidak boleh ke luar rumah,” terangnya.

Sekadar diketahui, pada kesempatan tersebut, Anies menjajal jalur sepeda yang dibuka sebagai pengganti Car Free Day atau CFD. Saat itu ia tampak ditemani Wakil Gubernur DKI, Riza Patria dan rombongan peserta lainnya.

Dinilai langgar aturan

Sebelumnya, sebagai upaya menyambut masa PSBB transisi, Anies mewajibkan masyarakat Jakarta mengenakan masker saat berpergian ke luar rumah. Hal itu, kata dia, tertulis jelas di Pergub DKI nomor 41 tahun 2020 Pasal 4 ayat satu dan dua.

“Bila (ketahuan) tidak menggunakan masker, Anda bakal kena denda Rp250 ribu,” tukasnya saat itu, dikutip dari Suara.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: Antara.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: Antara.

Aturan tersebut berlaku bagi semua kalangan, tak terkecuali mereka yang bepergian menggunakan kendaraan. Sebab, kata Anies, Pemprov DKI telah membagikan 20 juta masker kepada masyarakat setempat. Sehingga, tak ada lagi alasan tak mengenakannya.

“DKI sudah membagikan 20 juta masker gratis untuk seluruh masyarakat di Jakarta, sehingga tidak ada alasan untuk tidak memiliki masker,” kata dia.

“Dan bila perlu masker, (warga) silakan datang ke kantor kelurahan. Kantor kelurahan kita siap dengan masker yang bisa diambil secara cuma-cuma.” (hsp)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close