Trending

Kerap usik Indonesia soal Papua, Vanuatu kini minta tolong supaya negaranya tidak tenggelam

Vanuatu merupakan sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik yang diketahui kerap membela Papua dan menyuarakan pendapatnya di hadapan muka internasional. Belum lama ini, Perdana Menteri Vanuatu, Bob Loughman Weibur meminta PBB untuk mengunjungi Papua. Bahkan menyebut ada pelanggaran HAM secara luas di Papua Barat.

“Forum Pasifik dan pemimpin ACP diantara pemimpin lainnya telah meminta pemerintah Indonesia untuk mengizinkan kantor Komisi Hak Asasi Manusia PBB untuk mengunjungi Papua Barat dan memberikan penilaian independen,” katanya beberapa hari lalu di Majelis Umum PBB.

Muslima Fest

Usai mengusik Indonesia soal Papua, Vanuatu minta tolong kepada dunia internasional terkait nasib negaranya yang terancam tenggelam karena perubahan iklim yang terjadi secara global. Hal itu juga disampaikan oleh Perdana Menteri Bob Loughman dalam Majelis Umum PBB.

Perdana Menteri Vanuatu, Bob Loughman. Foto: Ist.
Perdana Menteri Vanuatu, Bob Loughman. Foto: Ist.

Dalam pidatonya, Bob meminta masyarakat internasional untuk segera meningkatkan upaya untuk mengatasi krisis iklim, dan memperingatkan bahwa masih banyak negara individualis yang mengabaikan dampaknya.

“Bagi kami dan negara pulau kecil serta berkembang lainya ancaman global terbesar kami yang utama adalah perubahan iklim, pengelolaan lautan kami, dan tentu saja pandemi Covid-19,” kata Loughman disitat CNN International, Selasa 28 September 2021.

“Oleh karena itu, solusi kita pun harus global. Level usaha dan dukungan saat ini untuk negara berkembang yang rentan dalam mekanisme multilateral tidak cukup,” tambahnya.

Pidato Loughman itu mengikuti pernyataan pemerintah Vanuatu yang mengumumkan bahwa mereka berencana untuk meminta pendapat Mahkamah Internasional (ICJ) tentang hak-hak generasi saat ini dan masa depan, untuk dilindungi dari dampak perubahan iklim.

Port Vila, ibukota Vanuatu. Foto: IMI Daily
Port Vila, ibukota Vanuatu. Foto: IMI Daily

Niat Vanuatu untuk membawa masalah perubahan iklim ke ICJ mendapat sambutan baik dari kelompok aktivis lingkungan, terutama dari negara tersebut. “Kami sangat gembira bahwa pemerintah Vanuatu telah mengumumkan akan membawa #perubahan iklim ke Pengadilan Tertinggi Dunia,” tulis postingan kelompok aktivis lingkungan, Siswa Kepulauan Pasifik Melawan Perubahan Iklim

Vanuatu merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian selatan. Negara tersebut menjadi rumah bagi lebih dari 250.000 penduduk. Vanuatu terletak di sebelah timur Australia, timur laut Kaledonia Baru, barat Fiji dan selatan Kepulauan Solomon. 

Kekhawatiran Vanuatu akan ancaman perubahan iklim dan naiknya permukaan air laut wajar adanya. Pasalnya negara tersebut hanya terdiri dari pulau-pulau kecil dan atol. Bahkan, titik tertinggi negara tersebut, Tabwémasana, hanya memiliki ketinggian 1.879 meter yang terletak di Espiritu Santo, pulau terbesar di Vanuatu.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close