Hobi

Baru meluncur, segini ketangguhan all new Toyota Avanza dan Veloz

PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan all new Toyota Avanza dan Veloz di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Lantas bagaimana ketangguhan Toyota Avanza dan Veloz baru yang saat ini belum banyak beredar di jalanan.

Menguji ketangguhan dan melihat secara dekat perubahan yang disematkan all new Toyota Avanza dan Veloz menjadi kesempata Hops.id berada di balik kemudi.

Meski hanya mendapat kesempatan menjajal di kawasan BSD, Tangerang, kesempatan terbatas ini langsung menjadi peluang untuk melakukan kencan singkat bersama dua mobil sejuta umat milik Toyota.

Toyota all new Avanza
Toyota all new Avanza Foto: Hops.id

Mengadu desain yang dimiliki antara all new Toyota Avanza dan Veloz memang berbeda. Seperti diketahui, Toyota Veloz tampil lebih sporti dan memiliki nilai kemewahan lebih dibanding tipe tertinggi all New Avanza.

Wajar segmentesi tersebut menjadi celah pasar yang di penetrasi Toyota untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin memiliki mobil MPV dengan tampilan yang berbeda dibanding Avanza.

Dibandingkan dengan Toyota Avanza, Veloz hadir dengan desain grill yang sama besar namun desainnya jauh lebih mewah. Desain grill secara detil terlihat seperti segitiga dengan membentuk huruf T.

All new Toyota Avanza
All new Toyota Avanza Foto: Hops.id

Selebihnya tak ada desain yang mencolok dengan Avanza, meski dominasi aksen krom sangat dominan terlihat di banyak bagian eksterior Toyota Veloz. Selain itu terdapat bumper yang memisahkan kisi-kisi sebagai airdam.

Perbedaan lain, Toyota Veloz memiliki tail lamp yang tersambung diantara sisinya menambah kesan sporti dan mewah dibanding all new Avanza. Selebihnya hanya desain bumper belakang yang membedakan keduanya.

Performa all new Toyota avazan dan Veloz

Puas dengan beberapa ubahan yang terdapat di bagian eksterior, masuk ke dalam kabin, kesan berada di dalam modal lama Avanza seketika hilang. Hal ini dirasakan karena desain tata letak sertai penggunaan material jauh berbeda dibanding model Avanza lama.

Begitupula dengan ketinggian atap yang cukup jauh berbeda. Pada all new Avanza dan Veloz, perubahan dimensi pilar membuat ruang kabin sedikit terasa lebih pendek.

Puas memperhatikan perubahan all new Avanza, saatnya menjajal mesin berkode 1NR-VE untuk kapasitas 1.329 Cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 98 Ps dan torsi 12,4 Kgm.

Kabin all new Toyota Avanza
Kabin all new Toyota Avanza Foto: Hops.id

Sedangkan model yang diuji jalan redaksi Hops.id merupakan mesin berkode 2NR-VE berkapasitas 1.5 liter 4 silinder kgm. Karakter mesin dengan transmisi matik dengan New Adopted CVT Transmission sangat berbeda dari versi sebelumnya.

Toyota berhasil mengembangkan transmisi matik ini jauh lebih nyaman dari versi sebelumnya. Dimana perpindahan gear yang terjadi sangat halus dan setiap perpindahan gear tenaga dengan cepat tercapai.

Kondisi inilah yang membuat Toyota Avanza dan Veloz baru menjadi lebih agresif di setiap tenaga mesin yang dicapainya. Wajar jika besaran tenaga mesin 1.5 liter sebesar 106 Ps dan torsi 14 kgm sangat mumpuni bagi Toyota Avanza melibas jalan lurus maupun kondisi jalan menanjak.

Mesin All new Toyota Avanza
Mesin All new Toyota Avanza Foto: Hops.id

Sebagai catatan, meski New Adopted CVT Transmission, terbilang sangat responsif dan halus. Model manual yang tersaji di sistem transmisi tidak cukup responsif dalam mensuplai tenaga di setiap perpindahan gearnya.

Untuk mencapai tenaga maksimal dari setiap gear dibutuhkan waktu lebih dari 10 detik untuk bisa mendapatkan akselerasi maksimal.

All new Toyota Avanza dan Veloz untuk tipe tertinggi G dan Q untuk Veloz dibekali dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS) dimana banyak fitur keselamatan aktif yang akan memberikan peringatan kepada pengemudi di banyak faktor selama mengemudi di jalan raya.

Di dalam TSS terdapat Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Seluruh fitur tersebut akan memberikan pesan kepada pengemudi seperti front departure allert yang bisa mendeteksi dan memberikan peringat ketika pengemudi dalam kondisi mengantuk.

Selain itu adapula firtur Lane Departure Assist yang akan memberikan peringatan kepada pengemudi saat mobil berpindah arah.

all new Toyota Veloz
all new Toyota Veloz Foto: Hops.id

Harga all new Toyota Avanza

Terkait harga Toyota Astra motor sendiri belum mengumumkan resmi banderol all new Toyota Avanza dan all new Veloz. Harga akan diumumkan saat peluncuran ke konsumen di pameran GIIAS 2021.

Namun berdasarkan informasi situs resmi Toyota Indonesia, all new Avanza akan dibanderol dengan harga mulai dari Rp206,2 juta dan tipe tertingginya 264,4 juta.

All New Toyota Veloz tersedia dalam tiga tipe, yaitu Veloz M/T, Veloz Q CVT, dan Veloz Q CVT TSS (Toyota Safety Sense). MPV 7-seater terbaru ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 251,2 juta OTR Jakarta untuk varian terendah hingga Rp 291,5 juta OTR Jakarta untuk varian tertingginya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close