Trending

Ketimbang FPI bikin ormas baru, simpatisan HRS dianjurin lebih baik bikin partai politik

Front Pembela Islam (FPI) dinyatakan resmi sebagai organisasi massa terlarang oleh pemerintah. Tak lama kemudian, para simpatisan Habib Rizieq Shihab (HRS) langsung membuat ormas dengan nama baru yang bila disingkat akan berbunyi sama, yakni Front Persatuan Islam alias FPI. Menanggapi hal itu, pengamat politik dari Political and Public Policy, Jerry Massie menganjurkan agar para simpatisan HRS dan FPI lebih baik membuat partai politik saja.

Menurut Jerry, jika FPI hanya mengganti namanya saja, itu tak akan ada bedanya dengan ideologi ormas sebelumnya.

Oleh sebabnya, alangkah baiknya kalau para simpatisan FPI dan HRS mencari sebuah lembaga nasionalis yang mampu meningkatkan rasa cinta terhadap NKRI.

Baca Lainnya

  • “FPI ganti nama sama saja. Bagi saya ideologi dan paham sama maka itu tak ada beda. Saya sarankan anak buahnya HRS (Habib Rizieq Shihab) mencari lembaga nasionalis, cinta NKRI dan tidak anarkis,” ujar Jerry Massie, berdasarkan laporan Suara, pada Senin, 4 Januari 2020.

    Ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq (tengah) melambaikan tangan ketika mengikuti konvoi di Kawasan Senen. Foto: Antara
    Ketimbang FPI bikin ormas baru, simpatisan HRS dianjurin sekalian bikin partai politik | Ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq (tengah) melambaikan tangan ketika mengikuti konvoi di Kawasan Senen. Foto: Antara

    Lantaran menurutnya, Front Pembela Islam dengan Front Persatuan Islam sama saja dan hanya mengubah nama organisasi, dia menyarankan agar pembentukan ormas baru in ditunda terlebih dahulu.

    Bahkan bila tetap bersikeras ingin membuat sebuah organisasi baru, lebih baik langsung saja membuat sebuah Partai Politik.

    Adapun alasannya agar FPI memiliki tujuan yang jelas dan teka melenceng.

    “Saya sarankan agar dipending saja atau sekalian bikin parpol lebih elegan tapi tujuan, visi dan misi tak melenceng,” jelasnya.

    Mengingat akhir-akhir ini banyak masalah yang menimpa FPI seperti pentolan sekaligus imam besarnya Habib Rizieq Shihab yang ditetapkan menjadi tersangka dan harus mendekam di jeruji besi. Kemudian, kasus enam laskar khusus FPI yang tewas ditembak di Jalan Tol.

    Oleh sebabnya Jerry menganjurkan agar para simpatisan HRS ataupun FPI, lebih baik rehat sejenak untuk sementara waktu.

    “Jadi lebih baik istirahat sementara waktu dulu ada waktu merenung sejenak ditahun baru ini.” tuturnya.

    Tak akan diberikan izin sebagai organisasi oleh pemerintah

    Jerry mengungkapkan akan sulit bila FPI tetap bersikeras membentuk organisasi serupa dan tak berbeda dengan sebelumnya. Pemerintah tak akan memberikan izin begitu saja untuk hal tersebut.

    Front Pembela Islam (FPI). Foto: Dok FPI.
    Ketimbang bikin FPI baru, simpatisan HRS dianjurin sekalian bikin partai politik | Front Pembela Islam (FPI). Foto: Dok FPI.

    Paling tidak FPI harus mencari opsi lain yang cukup ampuh, yakni mengganti mindset publik agar ormasnya tak lagi dipandang sebagai kelompok anarkis yang kerap meresahkan.

    “Sekali lagi baik izin Kemenkumham, Kemenag bahkan Kemendagri tak akan dikeluarkan jika organsasi dan orang yang sama,” ujarnya.

    “Paling penting ubah mindset yang dianggap ‘anarkis’ oleh publik. Apa sih alasan utama ngotot mengganti nama FPI masih tetap FPI lagi? Bikin organisasi itu kalau punya tujuan mulia dan humanis baru membuat ketaqwaaan pada Tuhan YME itu baik” tandasnya.

    loading...
    Topik

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Back to top button
    Close