Unik

Keutamaan baca Surat Al Kafirun, sebelum tidur bebas dari kemusyrikan

Surat Al Kafirun merupakan surat pendek yang memiliki banyak keutamaan bagi umat Muslim yang membaca dan mengamalkannya. Surat ini termasuk surat ke-109 dalam Al Quran dan berisi 6 ayat. Al Kafirun diturunkan sesudah surat Al Ma’un dan termasuk dalam surat Makiyah karena diturunkan di Mekkah sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Surat ini berada pada juz 30 atau juz amma. Nama Al Kafirun diambil dari lafaz di akhir ayat pertama yang berarti orang-orang kafir.

Surat Al Kafirun

قُلْ يٰٓاَيُّهَا الْكٰفِرُوْنَۙ

Qul yaa ayyuhal kaafiruun
Katakanlah (Muhammad), “Wahai orang-orang kafir!

لَآ اَعْبُدُ مَا تَعْبُدُوْنَۙ

Laa a’budu maa ta’ buduun
Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.

وَلَآ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَآ اَعْبُدُۚ

Wa laa antum ‘aabiduuna maa a’ bud
Dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah.

وَلَآ اَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدْتُّمْۙ

Wa laa ana ‘aabidum maa ‘abattum
Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.

وَلَآ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَآ اَعْبُدُۗ

Wa laa antum ‘aabiduuna maa a’ bud
Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah.

لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ

Lakum diinukum wa liya diin
Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.

Keutamannya

Ilustrasi doa setelah adzan. Foto: Freepik
Ilustrasi doa setelah adzan. Foto: Freepik

Meski hanya memiliki 6 ayat, Surat Al Kafirun mempunyai banyak keutamaan bagi umat Muslim yang membacanya. Keutamaan tersebut adalah sebagai berikut melansir KapanLagi:

  1. Memperkuat keimanan
    Dengan membaca dan mengamalkan Surat Al Kafirun setiap hari maka akan memperkuat fondasi keimanan seorang Muslim. Di dalam ayat-ayat Al Kafirun menunjukkan bahwa seorang itu adalah orang yang berikrar dan bersaksi hanya kepada Allah SWT.
  2. Ditakuti iblis
    Surat ini ditakuti oleh iblis sesuai dengan yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas. “Tidak ada dalam Al Quran yang lebih menakutkan bagi iblis daripada Qul Ya Ayyuhal-Kafirun, sebab ia adalah tauhid dan pembebas dari kemusyrikan.”
  3. Mendapat pahala seperti seperempat Al Quran
    Menurut Syeikh Ibnu ‘Abbaz, membaca empat kali surat ini sama dengan mengkhatam Al Quran. Namun, bukan berarti tak perlu lagi membaca Al Quran.
  4. Terbebas dari kemusyrikan
    Jika seorang Muslim rutin membaca Surat Al Kafirun, terlebih saat sebelum tidur maka ia akan terbebas dari kemusyrikan seperti dalam suatu hadist Rasulullah berikut.
    “Bacalah Qul ya Ayyuhal-kafirun kemudian tidurlah di akhirnya, sesungguhnya ayat tersebut membebaskan dari kemusyrikan.” (HR Abu Dawud dari Farwah bin Naufal).
  5. Mengajarkan toleransi
    Surat ini mengajarkan toleransi terutama dalam ayat ke-6 ‘Untukmu agamamu, dan untukkulah agamaku”, artinya dengan keyakinan terhadap Allah, umat Islam harus menjalankan kehidupan toleransi.
  6. Membangun keberanian menghadapi orang kafir
    Dalam surat ini dijelaskan bahwa umat Muslim harus siap melawan dan menentang orang-orang kafir. Orang-orang Islam dan orang-orang kafir yang tentunya berbeda dan hal ini ditunjukkan dalam surat Al Kafirun.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close