Trending

Kiai NU: Felix Siauw betul-betul tak paham Islam!

Beberapa tahun lalu, Ustaz Felix Siauw sempat mengatakan, membela Tanah Air bukan suatu keharusan dalam Islam. Sebab, menurutnya, Alquran tak pernah memerintahkan demikian. Lantas, bagaimana tanggapan kiai dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) merespons hal ini?

Disitat dari video berjudul ‘Felix Siauw Merongrong Nasionalisme Indonesia’ di saluran Youtube CokroTV, sosok yang karib disapa Gus Sahal itu mengatakan, pernyataan Felix mengandung banyak kontradiksi. Mengingat, dia tak mau membela Indonesia, namun secara terbuka menyampaikan dukungannya terhadap Palestina.

Muslima Fest

“Membela Palestina itu dasarnya nasionalisme, dasarnya itu kebangsaan, bukan khilafah. Jadi, ini sesuatu yang absurd gitu lho,” ujar Gus Sahal, dikutip Senin 7 Juni 2021.

Lambang NU. Foto: kholidintok.net
Lambang NU. Foto: kholidintok.net

Dia menekankan, membela Palestina dan Indonesia sebenarnya memiliki satu kesamaan besar, yakni sama-sama berpihak pada suatu bangsa atau wilayah tertentu. Sehingga, dengan demikian, Felix Siauw melanggar pernyataannya sendiri.

Kenyataan tersebut membuat Gus Sahal semakin yakin, Felix sebenarnya sama sekali tak memahami Islam.

“Dan lagipula, menyatakan nasionalisme enggak ada dalilnya, cinta Tanah Air enggak ada dalilnya, itu juga menunjukkan bahwa dia itu betul-betul enggak paham Islam,” terangnya.

Ustaz Felix Siauw
Ustaz Felix Siauw. Foto: Instagram @felixsiauw

Padahal, kata dia, Islam yang tumbuh di Indonesia saling bersinergi dengan semangat membela Tanah Air. Bahkan, ulama zaman dulu kerap bicara ‘hubbul wathon minnal iman’ yang berarti ‘membela Tanah Air sebagian dari iman’. Meski bukan hadis atau kutipan ayat Quran, namun spiritnya harus ditanamkan hingga sekarang.

“Itu memang bukan hadis, tapi pernyataan ulama. Namun, spiritnya bisa kita temukan dalam hadis,” tegasnya.

Kiai NU itu sarankan Felix Siauw keluar dari RI

Gus Sahal berkisah, Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang sangat mencintai kampung halamannya. Bahkan, setiap kali hendak pulang ke Madinnah, dia mengaku selalu bahagia dan berbunga-bunga. Sehingga, penceramah yang tak mencintai Tanah Air, tandanya tak mampu mengilhami sikap Rasulullah.

“Jadi kalau para ustaz yang bilang bahwa kebangsaan Indonesia enggak ada dalilnya, nyanyi Indonesia raya enggak mau, hormat bendera juga enggak mau, buktikan dong, konsisten! Kalau mau seperti itu, silakan aja. Tapi serahkan kewarganegaraanmu, cabut dari Indonesia.”

“Selama kalian masih punya dokumen Indonesia, selama masih memanfaatkan fasilitas dan infrastruktur Indonesia, selama masih mencari nafkah dari bumi Indonesia, dan kalian koar-koar anti-Indonesia, bagi saya itu hipokrisi atau tak konsisten,” kata dia.

https://www.youtube.com/watch?v=X2uUMIy9uLg
Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close