Trending

Kilang Balongan terbakar, stok BBM Pertamina di Jawa bakal kacau?

Kilang Pertamina Balongan di Indramayu terbakar hebat. Titik kebakaran terjadi pada tangki T-301G. Insiden kebakaran tersebut berlangsung Senin 29 Maret 2021 dinihari, dimulai pukul 00.45 WIB.

Terkait hal ini Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati merinci kronologi peristiwa tersebut. Menurut Nicke, kejadian terjadi pada dinihari. Pihaknya mengklaim sudah melakukan antisipasi agar api tidak menjalar ke wilayah dan area lain.

Maka itu, pengelola kilang Balongan, kata Nicke, sudah langsung melakukan shutdown kilang. Ini artinya akan ada pengendalian arus minyak, dan mencegah perluasan kebakaran di kilang Balongan.

“Untuk penyebab belum diketahui dengan pasti, sampai saat ini kami masih melakukan investigasi dibantu pihak berwenang. Fokus kami saat ini untuk menyelesaikan kondisi darurat di lapangan,” kata Nicke saat konferensi pers dengan awak media secara virtual dikutip live di Kompas TV, Senin 29 Maret 2021.

Untuk pemadaman api kilang Balongan yang terbakar, Pertamina tak sendiri. Karena sejauh ini mereka mengaku disupport dari Pemda setempat, termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan pihak terkait.

Nicke memastikan, kondisi api saat ini sudah dapat dilokalisir di banwall. Ini artinya, dia memastikan api tak akan menjalar ke area lain.

Mobil tangki bahan bakar Pertamina
Mobil bahan bakar tangki pertamina Foto: Pertamina

Untuk mencegah api ke daerah lain, pihaknya juga mengaku sudah melakukan pendinginan di daerah sekitar.

“Ada 10 mobil pemadam kebakaran. Terkait dampak, terdapat korban luka seluruhnya sudah tertangani oleh tim medis. Sebagian besar sudah berhasil ditangani dan sudah kembali ke rumah masing-masing. Namun 5 orang masih di rumah sakit, alhamdulillah tak ada korban jiwa,” kata Nicke lagi.

Kilang Balongan terbakar, stok BBM bakal kacau?

Pada kesempatan itu, Nicke juga meminta agar masyarakat tetap tenang dengan peristiwa terbakar-nya kilang Balongan. Pertamina, meminta agar masyarakat tidak panik dan tetap menjauh dari lokasi kebakaran.

Sejauh ini, pemblokiran jalan memang terus dilakukan agar masyarakat tetap tak mendekat ke lokasi. Dan tidak mempersulit kerja dari petugas yang berusaha melakukan pemadaman.

“Kami memohon kepada warga tetap tenang dan menjauhi lokasi kebakaran. Kami mohon maaf untuk pemblokiran jalan, sebab keselamatan masyarakat jadi prioritas utama,” katanya.

Kondisi Kilang Minyak Balongan yang terbakar. Foto: Twitter
Kondisi Kilang Minyak Balongan yang terbakar. Foto: Twitter

Nicke lantas menyinggung soal stok dan suplai BBM yang selama ini dipasok dari kilang Balongan yang terbakar. Dengan adanya kejadian ini, Pertamina memastikan jika pasokan BBM tetap aman.

“Karena sebetulnya pola suplai ini sudah kami skenario kan. Walau dalam kondisi harus emergency sekalipun. Jadi kami akan mengoptimalkan produk dari kilang lain dan kita akan salurkan langsung ke daerah yang disuplai Balongan, seperti di Jakarta, dan Cikampek.”

“Kami pastikan tidak ada kendala di dalam suplai BBM ini. Proses suplain tidak terdampak, jadi kebakaran hanya di daerah tangki saja,” katanya lagi.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close