Trending

Kebakaran kilang Minyak Pertamina cilacap mirip kilang Balongan

Kilang minyak di area pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa tengah dilaporkan terbakar, Jumat malam sekira pukul 20.00 WIB. Kebakaran kilang minyak pertamina yang diduga karena sambaran petir tersebut, bisa dijinakkan berkat guyuran hujan deras.

Saat peristiwa kebakaran terjadi, cuaca di satu dari enam kilang minyak milik Pertamina ini, diketahui dalam kondisi hujan deras disertai adanya petir besar. Dugaan sementara kilatan petir inilah yang menyebabkan terjadinya kebakaran.

Hal tersebut terungkap dari keterangn Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya yang menjelaskan dugaan penyebab kebakaran karena sambaran petir. Saat terjadi kondisi hujan lebat dan sambaran petir cukup intens.

Kondisi Kilang Minyak Balongan yang terbakar. Foto: Twitter
Kondisi Kilang Minyak Balongan yang terbakar. Foto: Twitter

“Kejadian tadi sekitar pukul 20.00 WIB saat hujan lebat ada petir. Diinformasikan tersambar petir,” kata Nyoman mengutip dari Kompas.com, Jumat malam.

“Sekarang sudah mulai teratasi, anggota sudah di lokasi. Sekarang hujan masih lebat, mudah-mudahan cepat teratasi,” ujar Nyoman.

Saat ini kondisi kebakaran sudah dapat dikendalikan oleh petugas pemadam kebakaran yang mengerahkan 50 unit armada mobil kebakaran. Hujan deras pun turut membantu proses pemadaman dan pendinginan kilang minyak milik pertamina.

Kilang milik Pertamina Balongan terbakar. Foto: Twitter.
Kilang milik Pertamina Balongan terbakar. Foto: Twitter.

Peristiwa kebakaran kilang ini, yang kedua kali setelah 3 bulan sebelumnya Pertamina mengalami kebakaran di Kilang minyaknya di Balongan. Penyebab kebakaran diduga sama dengan yang terjadi di kilang minyak T39 Cilacap yakni akibat sambaran petir.

Kebakaran kilang minyak cilacap diduga mirip Balongan

Bupati Indramayu, Nina Agustina mengatakan warga sekitar sudah diungsikan ke berbagai tempat, termasuk di Pendopo Kabupaten Indramayu.

Akibat terbakarnya kilang minyak Balongan itu, jalur darat Indramayu-Cirebon, pada semalam, sudah ditutup sementara lho.

Nah mengenai biang kilang minyak terbakar, Bupati Indramayu menyampaikan informasi awalnya.

“Dugaan sementara terkena petir,” ujar Nina dalam siaran Metro TV, dikutip Senin 29 Maret 2021.

Kebakaran di kilang Balongan. Foto: Twitter.
Kebakaran di kilang Balongan. Foto: Twitter.

Pertamina dan Pemkab Indramayu sudah bergerak mengungsikan warga dan mengamankan lokasi sekitar kilang minyak. Dampak kilang terbakar, Bupati Indramayu mengatakan jatuh korban.

“Jadi kurang lebih 4 korban, itu dari masyarakat yang melintas (Kilang Balongan) selama ini,” jelasnya semalam.

Informasi terbaru yang disampaikan Polda Jawa Barat, tercatat korban total adalah 9 orang dengan rincian 6 warga luka bakar dan 3 warga mengalami sesak nafas. Dari total korban itu, 1 korban sudah pulang dari rumah sakit dan sisanya masih dirawat.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close