Siaran Pers

Pejabat Korsel sebut Kim Jong Un koma: Kim Yo Jong resmi gantikan kakaknya

Kabar Kim Jong Un koma telah menyebar luas dan ditulis beberapa media besar di seluruh dunia.

Diktator tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan kembali mengalami koma. Kabar tersebut diklaim oleh seorang mantan pejabat Korea Selatan, ia mengatakan bahwa Kim Jong Un telah menyerahkan kepemimpinannya sementara kepada adik perempuannya yaitu Kim Yo Jong.

Chang Song-min, mantan ajudan mendiang presiden Korea Selatan Kim Dae-jung, menyebut bahwa Kim Jong Un koma dan sakit parah di tengah spekulasi tentang terbatasnya aktivitas publik yang dilakukan Kim Jong Un sepanjang tahun 2020 ini.

Baca juga: Kim Jong Un rombak pemerintahan setelah pecat kepala keamanan?

Dilansir laman Miror, Chang Song min megatakan bahwa Kim Jong Un kali ini betul-betul mengalami koma, dan terkait dengan isu yang beredar beberapa bulan lalu.

“Saya menilai dia sedang koma, tapi hidupnya belum berakhir,” katanya kepada media Korea Selatan.

Kim Jong Un. Foto: KCNA.
Kim Jong Un. Foto: KCNA.

Mantan ajudan itu menambahkan bahwa adik perempuan pemimpin itu, Kim Yo Jong, telah siap dan resmi menggantikan kakaknya membantu memimpin negara.

“Struktur kepemimpinan lengkap belum terbentuk, jadi Kim Yo-jong maju menggantikan kakaknya karena kepemimpinan yang kosong. Tapi itu hanya sementara selama Jong Un menghadapi kondisinya,” katanya.

Kim Jong Un dan Kim Yo Jong
Kim Jong Un dan Kim Yo Jong. ANTARA FOTO/Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters
/aww.

Klaimnya muncul setelah mata-mata Korea Selatan mengungkapkan bahwa saudara kandung berusia 33 tahun itu sekarang menjabat sebagai orang kedua secara de facto, meskipun dia belum ditunjuk sebagai penggantinya.

Disebut juga dalam pernyataannya, bahwa fakta dan rumor soal kondisi Kim Jong Un ini adalah yang paling memalukan bagi dinasti Korea Utara sepanjang pertemuan tertutup dengan anggota parlemen.

“Badan Intelijen Nasional Korea Selatan bahkan menanggapi isu koma ini sebagai peralihan kekuasaan yang sebagian bertujuan untuk meredakan stres (Kim) dari pemerintahannya dan menghindari kesalahan jika terjadi kegagalan kebijakan,” ditulis Kantor Berita Yonhap.

Sementara itu Kim Yo Jong, sebagai wakil direktur departemen pertama dari Komite Pusat Partai Pekerja, mengarahkan urusan negara secara keseluruhan berdasarkan delegasi.

Baca juga: Di balik persembunyian, Kim Jong Un siapkan perang nuklir?

“Kim hanya terlihat di depan umum beberapa kali tahun ini setelah rumor beredar bahwa dia bertahan hidup pada bulan April karena operasi jantung yang gagal,” katanya.

Hingga kini belum ada informasi resmi dari pemerintah Korea Utara tentang kondisi Kim Jong un. Namun isu mengenai koma yang dialami Kim, banyak ditulis di media besar seluruh dunia.

loading...
Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close