Hot

Johny Indo wafat, taubatnya Robin Hood Indonesia

Hops.id – Nama Johny Indo disegani pada era 70-an hingga 80-an. Hari ini, publik Tanah Air kehilangan sosoknya. Minggu, 26 Januari 2020 Johny Indo meninggal dunia pada usia 72 tahun.

Kabar Johny Indo meninggal dunia beredar luas di kalangan awak media. ‚ÄúTelah meninggal dunia, Nama: Yohanes Hibertus Eijkenbum atau Jon Indo (H. Umar Billah). Umur 72 tahun pukul 07.45 WIB.”

Kisah hidup pria bernama lengkap Johanes Hubertus Eijkenboom itu bisa dibilang sangat berwarna. Johny pernah melakoni berbagai profesi, mulai dari pemain film, perampok hingga pendakwah. Mengenang Johny Indo, berikut kisah hidupnya yang menarik untuk disimak.

Model dan aktor

Pria kelahiran 6 November 1948 di Garut, Jawa Barat ini memiliki postur tinggi, wajah tampan serta berkulit bersih. Enggak heran, dia sering ditawari menjadi bintang iklan, mulai dari obat batuk hingga rokok. Ia juga menjajal dunia seni peran lewat sejumlah film.

Deretan film yang pernah dibintanginya antara lain ‘Johny Indo, Kisah Nyata Seorang Narapidana’ (1987) yang bercerita tentang kisah hidupnya. Lalu ada juga Badai Jalanan (1989), Misteri Cinta (1989), Diskotik D.J (1990), Daerah Jagoan (1991) dan lain-lain.

Jhony Indo. Photo: kaskus

Jadi perampok emas

Pada tahun 1977, Johny bersama ketiga temannya nekat merampok toko emas. Perampokan ini didasarkan atas keresehan Johny melihat kesenjangan antara si kaya dan si miskin. Bersama ketiga temannya, mereka menjalankan aksinya. Rencana sudah dibuat dengan matang, bermodalkan senjata api mereka pun bertolak ke sebuah toko emas di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dari hasil perampokan itu, mereka berhasil mengantongi 2 kg emas.

Tidak berhenti di situ, mereka juga berhasil merampok toko emas di kawasan Roxy, toko emas Ibuko dan Sinar Jaya Sawah Besar, toko emas Garuda, serta toko emas Sinar Harapan yang berada di kawasan Jakarta. Dari proyek perampokan itu, Johny dan komplotannya berhasil mengumpulkan 129 kg emas.

Baca juga: Vape haram! menurut fatwa Muhammadiyah

Robin Hood Indonesia

Ada sebabnya kenapa ia dijuluki Robin Hood Indonesia. Pasalnya ratusan kilogram emas yang didapat, dibagikannya untuk warga miskin di seantero penjuru Jakarta. Selain itu, ia juga punya prinsip dalam merampok. Mereka tidak boleh melukai, terutama pegawai toko. Mereka hanya boleh menakut-nakuti dengan senjata api. Lalu, mereka enggak akan menggasak habis harta atau emas yang ada.

Aksi Johny CS akhirnya terhenti di 26 April 1979. Mereka diringkus oleh aparat keamanan, lalu pengadilan memutuskan hukuman 14 tahun penjara. Johny Indo ditempatkan di Nusa Kambangan.

Menjadi mualaf

Johny Indo yang beragama Nasrani diketahui memeluk agama Islam sekitar tahun 90-an. Dia pun memiliki nama Islam, Umar Billah. Saat membagikan kisah hidupnya di salah satu lapas, dia bercerita mendapat kesempatan naik haji. Orang yang menawarinya haji pun enggak sembarangan!

Saat sedang membersihkan sampah di selokan kampung, lewatlah pangeran Arab keturunan Raja Fahd. Sang pangeran heran ada pria bertato yang melakukan hal itu. Sang pangeran sempat mempertanyakan soal tato Johny sebelum dia pergi. Tapi kemudian ia kembali dan menjemput Johny dengan jet pribadi dan memberangkat haji dengan layanan super-VVIP.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close