Fit

Kisah sukses turun berat badan: Dari 290 jadi 90 kilo, auto dapat jodoh!

Kisah sukses turun berat badan menjadi hal yang menarik sekaligus inspiratif jika disimak. Kali ini kisah seorang wanita warga Amerika yang memiliki bobot tubuh 294 kilo berhasil turun berat badan sebanyak 203 kilo. Kini bobot tubuhnya mencapai 90,7 kilogram.

Perjuangan Nikki Webster bisa dibilang tak main-main. Untuk mencapai bentuk bobot tubuh yang diinginkan tentu butuh perjuangan.

Baca juga: Ada enggak, sih hubungan BAB dengan turun berat badan?

Semua bermul pada tahun 2016, kala itu bobot tubuh Nikki mencapai 294 kilogram. Nikki mengaku dirinya hampir tidak kuat berdiri karena bobotnya. Kemudian pada satu titik ia memilih bangkit, untuk turun berat badan.

Dia menyadari tidak bisa terus hidup seperti itu, dan memutuskan sudah waktunya untuk mengubah hidupnya.

Nikki Webster
Nikki Webster Foto: Instagram/Nikki Webster

“Karena bobot yang makin meningkat, tubuh saya menjadi lebih lemah,” ujar Webster dilansir laman Goalcast.

Di sisi lain, wanita yang berasal dari Little Rock, Arkansas ini mengatakan ia mengalami obesitas sejak kecil.

“Ketika orangtua memanjakan dan membiarkan saya mengonsumsi makan-makan manis dan makanan cepat saji. karena itu di usia dewasa saya tidak bisa mengontrol nafsu makan,” ujarnya.

Bertekad lakukan diet

Webster mengaku selalu mencoba untuk beridet sejak dirinya kecil “Tak enak jadi sosok anak-anak yang diolok-olok. Karena itu saya ingin menurunkan berat badan.”

“Saat tumbuh dewasa saya selalu berjuang dengan berat badan saya, dan saya juga selalu melakukan diet,” katanya.

Diet pertama Webster adalah ketika dirinya berusia tujuh tahun. Dan biasanya berhasil, “tapi kemudian saya akan selalu mengalami lonjakan berat badan dan mendapatkan lebih banyak berat badan dari sebelumnya.”

Pada saat dia tampil di TLC’s My 600-Lb Life, pada usia 33, Webster telah menjadi bergantung pada orang tuanya untuk segalanya, termasuk bangun dari tempat tidur. Keadaan menjadi begitu buruk sehingga dia takut akan hidupnya.

“Sangat menyakitkan memiliki harapan untuk masa depan karena saya tidak yakin berapa banyak waktu yang saya miliki. Saya sangat tidak dapat melakukan banyak hal sehingga menjadi sulit.”

Di acara itu, dia diberi tahu bahwa dia harus menurunkan berat badan sebanyak 22 kilo sebelum dia bisa menjalani operasi bypass lambung.

Bertekad untuk membuat perubahan di awal akhirnya Webster mampu susut hingga 58 kilo hanya dalam tiga bulan dengan mengikuti diet ketat dan defisit kalori. Kemudian, Webster menjalani prosedur yang mengubah hidup.

Tahun berikutnya, Nikki kehilangan lebih dari 90 kilo dan mulai berkonsultasi dengan terapis, untuk membantunya tetap pada jalurnya dengan tujuannya sambil mengajarinya tentang metode penanganan yang lebih sehat.

Dengan berat badan yang masih mencapai 2014 kilogram, perjaanan Webster masih panjang sehingga ia butuh menjalani operasi. Kali ini untuk menghilangkan sejumlah besar kulit berlebih yang tersisa di perutnya.

Pukulan berat di tengah perjuangannya untuk kurus

Di tengah perjuangannya untk kurus, Wester mendapatkan pukulan berat. Salah satu sahabatnya yaitu Michael yang terinspirasi menurunkan berat badan dengan cara yang dilakukan Webster ternyata gagal total.

Sahabat Webster meninggal dunia saat tengah melakukan operasi karena komplikasi baypas lambung.

Tapi kemudian, tragedi melanda Nikki berlatih di gym sehingga dia bisa mendapatkan persetujuan untuk operasi pengangkatan kulit, tetapi kemudian berubah pikiran ketika tragedi menimpa.

Mendengar kabar tersebut Webster sempat alami kecelakaan dan tidak lagi termotivasi saat ia berduka atas meninggalnya temannya.

Setelah berjalannya waktu, ia kembali bertekad menyelesaikan dietnya. Ketika salah satu sahabatnya mensupportnya dan melamarnya pada waktu yang bersamaan. Marc, mengajaknya berkencan setelah setelah bertahun-tahun.

Nikki Gray Webster
Nikki Gray Webster Foto: Instagram

“Segalanya terjadi dengan cepat, itu adalah kencan pertama saya. Dan saya habis kehilangan sahabat saya. Meskipun saya takut tentang operasi, saya tahu ini harus terjadi,” katanya.

Meskipun ada komplikasi, dia berhasil melewatinya, Webster berhasil mengangkat lebih dari 30 kilo sisa kelebihan kulit yang gelambir lewat pembedahan.

Sayangnya, dia mengalami komplikasi dan dilarikan kembali ke operasi dengan perdarahan internal beberapa hari kemudian, tetapi untungnya ia mengikuti prosedur tersebut dan berlangsung lancar.

“Sulit membayangkan bagaimana saya dulu hidup. Ini adalah dua tahun tersulit dalam hidup saya, tetapi itu adalah tahun yang paling penuh kemenangan dan mengasyikkan.”

Dalam dua tahun, beratnya turun menjadi 203 kilo membuat Webster menjadi lebih memiliki tujuan hidup.

Baca juga: Bikin iri, begini perjuangan sepasang kekasih demi bentuk badan ideal

“Dulu saya selalu mengatasi masalah dan melakukan pelarian dengan makan. Sekarang saya arus menyelesaikannya dengan cara yang lebih sehat. Sekarang tujuan saya menikah dengan bahagia dan lebih baik dari sebelumnya.”

Nikki Gray Webster
Nikki Gray Webster Foto: Instagram.

Setelah menikah dengan dengan Marc, Webster mulai berolahraga secara teratur untuk menjaga penurunan berat badan dan kesehatannya yang baik.

“Saya berterima kasih kepada orang-orang yang mendukung dan mencintai saya tanpa syarat. Yang telah mencintai saya dengan berat 294 menjadi 90,7 kilo itu prestasi buat saya.”

Dia mengungkapkan rahasia kesuksesannya adalah konsistensi.
“Konsistensi adalah bagian terpenting dari semua ini dan jika Anda tidak memilikinya maka sangat sulit untuk sukses. Meskipun saya sudah bisa konsisten, itu masih sulit,” katanya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close