Hobi

Klakson mobil dan sepeda motor jadi alat elektronik penting di jalan raya

Klakson merupakan sumber bunyi yang sering digunakan oleh pengemudi mobil maupun pengendara sepeda motor untuk memberikan sinyal dalam berkomunikasi dengan pengguna jalan atau pengendara lain.

Pada kendaraan bermotor klakson (isyarat peringatan) merupakan salah satu syarat wajib yang harus dimiliki dan menjadi standar bagi kendaraan di seluruh dunia.

Karenanya klakson tak hanya sekedar sebagai alat komunikasi saja melainkan salah satu perangkat aktif keselamatan tak hanya bagi pengemudi dan pengendara namun bagi pengendara lain untuk meminimalkan potensi risiko berkendara.

Klakson mobil
Klakson mobil Foto: Ist

Komunikasi di jalan menjadi standar utama antar pengendara maupun pengemudi di jalan raya agar diantara pengguna kendaraan bisa saling memahami arah maupun signal kendaraan yang dikemudikan akan melakukan manuver maupun memberi tanda terhadap posisi kendaraan.

Jenis klakson mobil dan sepeda motor berbeda

Frekuensi suara klakson berbeda antara sepeda motor, mobil maupun kendaraan besar seperti truk ataupun bis. Semakin besar kendaraan maka frekuesnsi suara klakson yang dihasilkan lebih besar.

Karena itu setiap frekuensi suara klakson juga harus dipahami dan dimengerti pengemudi maupun pengendara terhadap jenis kendaraan yang ada di belakangnya sebagai signal ukuran kendaraan.

Klakson mobil
Klakson mobil Foto: Ist

Dicontohkan perbedaan frekuensi suara klakson bisa untuk memastikan respon pengemudi atau pengendara di jalan raya. Seperti saat kendaraan yang dikemudikan harus melakukan rem mendadak, kemudian frekuensi suara klakson besar maka untuk kendaraan jenis ini tidak bisa melakukan rem dengan jarak pendek.

Saat itulah pengemudi mobil harus melakukan manuver khsusu agar mobilnya tidak ditabrak dari belakang ataupun terlibat kecelakaan.

Frekuensi suara klakson sendiri ditentukan berdasarkan hitungan detik untuk sekali aktif atau tekan. Namun suara klakson akan simultan terus bersuara saat tombol ditekan dalam waktu lama.

Hal inilah yang dilarang penggunaannya, dimana klakson tidak boleh digunakan oleh pengemudi mobil atau pengendara sepeda motor saat sedang emosional.

Terlebih lagi sebagai alat untuk mengintimidasi pengguna jalan lain. Sehingga kendaraan lain merasa tertekan di jalan dan bahkan akan menimbulkan cekcok antar pengendara.

Dilihat dari fungsinya, peran klakson ini sangatlah penting. Namun para pengemudi haruslah bijak menggunakannya. Jangan sampai klakson ini digunakan untuk mengintimidasi pengemudi lain karena dapat menyebabkan resiko yang tidak diinginkan.

Klakson mobil
Klakson mobil Foto: iStockphoto

Sebagai informasi Sejarah klakson sendiri telah ditemukan oleh Miller Reese Hutchison 1908, yang masih kerabat dengan Thomas Alva Edison.

Perangkat suara yang menjadi alat komunikasi antar kendaraan tersebut saat ini menjadi komponen yang wajib ada pada kendaraan bermotor. Bahkan perangkat ini wajib ada karena diatur oleh Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 soal Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close