Hot

Klarifikasi Hops.ID terkait pemberitaan dugaan perselingkuhan Tyas Mirasih

Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, penulisan artikel Hops.ID dapat bersumber dari berbagai platform. Salah satunya dengan mengutip inti pemberitaan dari media arus utama yang kredibel untuk kemudian dikembangkan sesuai gaya penulisan Hops.ID.

Seperti yang kami lakukan dalam artikel ‘Sebut suaminya selingkuh dengan Tyas Mirasih, istri Tengku Tezi: Aku punya bukti…’ yang tayang pada 29 September 2021. Artikel tersebut mengutip pernyataan narasumber yang disampaikan melalui wawancara eksklusif kepada Kumparan dengan judul ‘Eksklusif: Terungkap! Tyas Mirasih Selingkuh dengan Tengku Tezi Sebelum Cerai’.  

Muslima Fest

Sebagai media online yang menjunjung tinggi etika penulisan, Hops.ID telah mencantumkan creditpoint dalam setiap artikel yang bersumber dari wawancara eksklusif kepada Kumparan tersebut.

Dalam hal materi pemberitaan, suatu media dimungkinkan untuk mengutip berita dari media lain dengan menyebutkan nama media tersebut. Hal itu pula yang kami terapkan untuk artikel Hops.ID yang bersumber dari Kumparan.

Sebagaimana yang tertuang dalam laman Dewan Pers. “Tidak semua pemberitaan atau kutipan dari karya wartawan lain merupakan plagiat. Mekanisme pers memungkinkan hasil karya atau kutipan wartawan lain disiarkan atau diberitakan jika telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.” 

Lebih lanjut dijelaskan oleh Dewan Pers, “Agar memberitakan atau mengutip hasil karya wartawan lain tidak dikategorikan sebagai plagiat harus memenuhi salah satu syarat antara lain sebagai berikut: a. Secara jujur menyebut dengan jelas sumbernya.”

Menanggapi Surat Keberatan yang dilayangkan oleh Kumparan, maka dengan ini Hops.ID menyampaikan permintaan maaf sebagai bentuk itikad baik serta penghargaan kepada rekan satu profesi.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban lebih lanjut serta permintaan maaf, Hops.ID telah mencantumkan hyperlink serta homepage Kumparan dalam artikel yang dirujuk.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close