Trending

Terungkap siapa wanita baju kotak-kotak naik panser TNI saat ke rumah Habib Rizieq, ternyata…

Kodam Jaya menjelaskan soal wanita berbaju kotak-kotak yang menaiki kendaraan tempur TNI saat pencopotan baliho Habib Rizieq Syihab pada Jumat 20 November 2020. Video wanita baju kotak-kotak ini jadi perbincangan warganet dan menimbulkan berbagai spekulasi. Di media sosial malah ada yang menuding wanita baju kotak-kotak adalah pendukung Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama, mantan Gubernur DKI Jakarta.

Kapendam Jaya Letnan Kolonel Arh Herwin Budi Saputra mengklarifikasi wanita yang berada diatas Ranpur TNI Anoa tersebut adalah seorang jurnalis dari media online nasional, jadi tidak perlu membawa alat kamera foto maupun kamera video dalam membuat suatu pemberitaan.

Baca juga: Pangdam Jaya copot baliho Habib Rizieq: dibela Kapolda, DPR terbelah

Jangan curiga

Kapendam Jaya Letnan Kolonel Arh Herwin Budi Saputra
Kapendam Jaya Letnan Kolonel Arh Herwin Budi Saputra. Foto Kodam Jaya

Kapendam Jaya menjelaskan klarifikasi ini untuk meluruskan informasi menyimpang dan spekulasi liar yang beredar di media sosial.

“Di sini saya harus segera meluruskan pemberitaan tersebut, agar tidak menimbulkan kecurigaan dan kegaduhan tentang kenapa ada seorang wanita berbaju kotak-kotak ada di atas Ranpur TNI saat pelaksanaan penertiban baliho HRS,” kata Letkol Arh Herwin di kantornya Mapendam Jaya, Cililitan Jakarta Timur Minggu 22 November 2020.

Kapendam Jaya menjelaskan jurnalis tersebut sebenarnya bukan sendirian. Ada 7 orang awak media yang ikut meliput saat kegiatan penertiban baliho Habib Rizieq Syihab di seluruh jalan protokol, yaitu 1 Ranpur TNI dinaiki 3 orang jurnalis dari Kontributor CNN TV, Wartakota dan Genpi.com.

“Yang naik di Ranpur TNI satunya dinaiki oleh 4 orang Jurnalis dari LKBN Antara, Medcom.id, Koran Lampu Hijau dan kontributor dari Indosiar,” ungkapnya

Kapendam Jaya mengharapkan klarifikasi ini bisa menjawab soal spekulasi video yang viral di media sosial yang mana puluhan personel TNI menggunakan motor trail dikawal Ranpur TNI sedang menuju Petamburan, ada penumpang warga sipil yang turut naik panser. Penumpang perempuan tersebut memakai baju kotak-kotak menjadi bahan pembicaraan warganet (netizen). Banyak yang curiga dan mempertanyakan mengapa warga sipil bisa naik panser yang ingin menurunkan spanduk dan baliho Habib Rizieq

“Di sini saya nyatakan wanita tersebut adalah seorang jurnalis,” tegas Kapendam Jaya.

Pasukan elite TNI di markas FPI

Mobil rantis TNI
Mobil rantis TNI Foto: IG @ariefnoviandi

ring-iringan mobil Komando Operasi Khusus (Koopsus) TNI kemarin viral lewat di depan markas Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan Jakarta Pusat. Dalam video yang beredar, mobil Koopsus TNI itu berhenti di markas ormas yang dipimpin Habib Rizieq Syihab.

Dalam konvoi itu, terlihat satu mobil Maung, dua truk hitam, satu mobil patroli dan satu potor PM yang mengawal konvoi kendaraan pasukan elite TNI tersebut.

Konvoi ini dikawal dengan sirine saat lewat dan berhenti di jalan tersebut. Rombongan ini sempat berhenti di depan pelang SMP 1908. Di samping plang SMP tersebut terlihat plang DPP Front Pembela Islam (FPI).

Berkaitan dengan video viral tersebut, Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad menjelaskan tidak ada hal khusus konvoi pasukan elite TNI itu di markas FPI. Kapuspen menjelaskan konvoi Koopsus TNI lewat dan berhenti di markas FPI setelah menjalani kegiatan di markas Koopsus di Cilangkap, Jakarta Timut.

“Betul konvoi kendaraan Koopssus kembali dari kegiatan menuju ke markasnya di Cilangkap lewat Petamburan. Tidak ada hal khusus,” kata Mayjen Achmad Riad, dikutip dari Suara.com, jaringan Hop.id, Jumat 20 November 2020.

Achmad membenarkan soal Koopssus TNI juga diminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk tetap siap siaga menjaga NKRI dari pihak yang hendak mengganggu persatuan.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close