Hobi

Koleksi mobil Ketua MPR vs Ketua DPR, siapa lebih tajir

Koleksi mobil Ketua MPR RI dan DPR RI ternyata terdiri dari berbagai model mobil yang jumlahnya tak sedikit, siapa yang lebih tajir antara keduanya.

Dari beberapa koleksi mobil Ketua MPR Bambang Soesatyo berdasarkan laporan harta kekayaan pejabat negara, terdapat sekira 11 kendaraan roda empat yang terparkir di garasi rumahnya. Tak mau kalah, Ketua DPR Puan Maharani juga diketahui doyan mengoleksi kendaraan hingga mencapai 10 unit.

Diantara kedua pemimpin lembaga tertinggi negara ini, Bambang Soesatyo ternyata menjadi sosok yang memiliki koleksi paling mahal jika dibandingkan dengan Ketua DPR RI Puan Maharani yang belakangan sosoknya menjadi perhatian atas pengesahan Omnibus Law Cipta Kerja dan insiden mic mati saat rapat pengesahan tersebut.

Baca Lainnya

  • Toyota Land Cruiser
    Toyota Land Cruiser mbahnya mobil off road Foto: Doc Toyota

    Diketahui dari koleksi yang tercantum dalam laporan LHKPN, Bambang Soesatyo mencantumkan mobil  paling mewah yang dimilikinya yakni Rolls-Royce Phantom. Mobil CBU buatan Inggris ini menjadi salah satu mobil koleksi paling mahal yang ada di garasi Bamsoet sapaan akrabnya.

    Untuk bisa memiliki mobil ini tentu bukan orang sembarang, mengingat mobil mewah ini banyak dimiliki konglomerat karena harganya yang sangat fantastis. Di Indonesia sendiri mobil mewah yang dipasarkan oleh importir umum, harganya sudah mencapai Rp4,3 miliar.

    Baca juga: Sekelas Puan Maharani ternyata punya koleksi VW Karmann Ghia klasik

    Harga yang terbilang fantastis untuk sebuah mobil yang dimiliki Ketua MPR RI. Sedangkan jika dilihat dari koleksi Ketua DPR RI, salah satu koleksi mobil paling mahalnya hanya Toyota Land Cruiser produksi 2008 yang nilainya hanya ditaksir Rp400 juta.

    Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Antara.
    Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Antara.

    Sedangkan mobil mahal lainnya yang dilaporkan melalui LHKPN yakni Volkswagen beetle produksi tahun 2000 yang ditaksir dengan harga Rp200 juta. Ada pula beberapa model Mercedes Benz yang taksirannya hanya Rp150 juta-an saja.

    Meski koleksi kendaraannya tak semahal Ketua MPR RI, secara keseluruhan dari total 10 kendaraan yang menjadi koleksi Puan Maharani, taksiran harga kekayaan bergeraknya berupa kendaraan mencapai jumlah Rp1,530 miliar.

    Jumlah tersebut termasuk tiga unit sepeda motor Harley-Davidson produksi 2002 dan 2003 dengan taksiran harga mencapai Rp80 juta-an.

    Dari koleksi mobil yang dimiliki kedua pejabat negara tersebut, bisa dibuktikan Bambang Soesatyo merupakan pejabat lembaga tertinggi negara Senayan yang memiliki koleksi mobil paling mahal dibanding Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI saat ini.

    Ferrari 250 California Spyder milik Bamsoet
    Ferrari 250 California Spyder milik Bamsoet Foto: Instagram/Bamsoet

    Jumlah kekayaan harta bergerak Bambang Soesatyo memang lebih besar dibanding Puan Maharani, karena Bamsoet memang memiliki hobi di dunia otomotif. Sebelum menjabat ketua DPR RI saja, ketua MPR RI ini telah memiliki banyak koleksi mobil mewah.

    Diantara koleksinya tersebut mulai dari  Toyota Vellfire, Land Rover, Jeep Rubicon, Porsche Cayenne, Ferrari California, Rolls-Royce Phantom, dan Mercedes-Benz S400. Deretan mobil tersebut belum termasuk Tesla yakni mobil listrik yang baru dibelinya.

    loading...
    Topik

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Back to top button
    Close