Hobi

Punya harta Rp5 triliun, koleksi mobil Sandiaga Uno tak layak pamer

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno resmi menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif (Menparekraf) era pemerintah Jokowi saat ini. Sebagai menteri baru, Sandiaga Uno diketahui hanya memiliki koleksi mobil yang terbilang tak layak pamer hanya ada dua koleksi mobil Nissan.

Hal tersebut tentu jika dibandingkan dengan pejabat lain dan youtuber yang sering pamer koleksi mobilnya. Menjadi wajar jika Sandiaga Uno tetap dikenal sebagai pengusaha bahkan trilliuner yang sederhana dan bersahaja meski koleksi mobil Sandiaga Uno sederhana.

Ditelisik dari laporan harta kekayaan penyelenggara negara, dilaporkan harta kekayaan Menteri Parekraf baru ini telah memiliki kekayaan sebesar Rp5 trilliun. Sedangkan koleksi mobilnya hanya punya dua unit saja yang semuanya merupakan merek Nissan.

Andre Taulany bersama Sandiaga Uno. Foto: Youtube
Andre Taulany bersama Sandiaga Uno. Foto: Youtube

Mobil itupun bukan produksi terbaru, diantaranya jenis mobil multi purpose vehicle yakni Nissan Grand Livina produksi 2013 yang nilai jualnya saat ini ditaksir dengan harga Rp100 juta. Mobil kedua yakni jenis sport utility vehicle produksi 2015 yang ditaksir dengan harga Rp225 juta.

Hanya kedua mobil tersebut yang menjadi koleksi dari Sandiaga Uno seperti dilaporkan LHKPN, yang dikutip Hops.id melalui situs resmi website elhkpn.kpk.go.id.

Wishnutama sandiaga uno
Wishnutama dan Sandiaga Uno. Foto: Instagram @wishnutama

Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina merupakan varian dari Livina yang diproduksi mulai 2006 dan sukses sebagai kendaraan keluarga di tanah air yang popular di kalangan konsumen. Kejenuhan pasar yang didominasi Avanza Xenia menguntungkan mobil ini ketika pertama kali diluncurkan.

Bahkan banyaknya permintaan konsumen membuat penjualan mobil ini terbilang cukup besar. Nissan Livina adalah mobil MPV kompak buatan Nissan yang dirakit di China, Indonesia, Brasil dan Filipina. Grand Livina adalah versi panjang 7-seater yang berbentuk MPV, sedangkan Livina adalah hatchback 5-seater. Versi hatchback tersedia dalam dua varian yaitu XR dan X-Gear.

Di China versi 7-seater disebut Livina Geniss, sedangkan di Taiwan versi 5-seater disebut Livina Urban. Mesin yang digunakan oleh Nissan Grand Livina adalah 1500cc dan 1800 cc. Varian 1500cc menggunakan mesin dengan kode HR15DE sedangkan, varian 1800cc menggunakan mesin berkode MR18DE.

Untuk varian 1500cc transmisi yang tersedia adalah Manual 5Speed(tersedia untuk varian SV dan XV), dan Automatic 4Speed konvensional(kecuali tipe SV), sedangkan untuk varian 1800cc yang tersedia adalah Manual 6Speed dan Automatic 4Speed(tersedia untuk semua varian 1800cc) 2007-2008: Tersedia trim 1.5 SV(*only MT), XV(MT&AT), 1.8 XV(MT&AT).

Tipe Ultimate (tipe ini paling istimewa dan paling lengkap dizamannya karena jok nya yang berbalut kulit-jumlah speakernya 6buah-kemudi setir doortrim serta center console yang berbalut aksen kayu-ABS+EBD+BA-airbag di pengemudi-desain horizontal grill yang mewah-serta tarikan garis chrome dari sisi bumper depan samping hingga bumper belakang yang berkesan premium-serta cupholder depan dengan lid MT&AT).

Nissan Xtrail
Nissan Xtrail Foto: Antara

Nissan Xtrail

Nissan Xtrail merupakan mobil SUV yang dikembangkan dengan produksi generasi pertama 2001. Xtrail menjadi SUV crossover pertama Nissan yang diluncurkan bersama beberapa model SUV sejenis dari pesaingnya mulai Grand Vitara, Ford Escape hingga CR-V dan RAV4.

Di Indonesia, X-Trail generasi pertama hadir dengan 2 macam mesin bensin 4 segaris yaitu 2.0L QR20DE bertenaga 140 PS @ 6000 rpm dengan torsi 19,6 kgm @ 4000 rpm dan 2.5 L QR25DE bertenaga 180 PS @ 6000 rpm dengan torsi 25 kgm @ 4000 rpm. Mesin 2.0L hanya tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan, sedangkan mesin 2.5L hanya tersedia dengan transmisi otomatis 4 percepatan dengan penggerak 4×2 maupun 4×4.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close