Hobi

Jarang muncul selama pandemi, koleksi motor Menkes Terawan bikin kaget

Menteri kesehatan (Menkes) Terawan memiliki koleksi motor meski keberadaannya selama pandemi, baik oleh tokoh maupun masyarakat.

Dibalik pertanyaan keberadaan Menkes selama pandemic, siapa sangka Terawan ternyata memiliki koleksi sepeda motor di luar dugaan dan tak terlihat sesuai dengan karakternya selama muncul di publik.

Tak main-main, motor yang dikoleksinya tersebut merupakan tunggangan yang terbilang sangar dengan kapasitas mesin yang cukup besar. Bahkan model sepeda motor tersebut biasa digunakan oleh kalangan anak muda.  

Honda CBR250RR
Koleksi motor Menkes Terawan Honda CBR250RR Foto: Honda

Jika dilihat dari sosok maupun pembawaannya saat tampil di depan public, Menkes Terawan terlihat memiliki kerakter yang santai bahkan terkesan halus baik dari perkataan maupun gerakan tubuhnya saat berbicara.

Wajar jika banyak orang yang dijamin tak akan percaya dengan koleksi kendaraan roda dua yang dimiliki Terawan selama ini, dan diketahui motor tersebut milik Menkes yang dilaporkan dalam Harta Kekayaan Pejabat Negara  (LHKPN).

Baca juga: Koleksi mobil Gatot Nurmantyo ternyata harga kaki lima rasa bintang empat

Dari data yang dilaporkan, Terawan memiliki dua unit motorsport dengan karakter yang sangat gahar, baik dari tampang dan kapasitas mesin motor koleksinya.

Kawasaki Z800
Kawasaki Z800 koleksi motor Menkes terawan Foto: Antara

Tengok saja koleksi Honda CBR yang dimilikinya, meski tak menyebutkan tipe jika dilihat harga yang dilaporkan sekir Rp70 jutaan, kuat diperkirakan model ini sebagai Honda CBR250RR.

Di atas kertas motor ini dibekali dengan mesin DOHC 8 katup dua silinder tipe parallel berkapasitas 249,7 Cc yang dapat menghasilkan tenaga mencapai 40 hp dan torsi sebesar 25 Nm seluruh kecepatan disalurkan transmisi manual 6 percepatan.

Motor sport kedua yang dimilikinya pun lebih gahar, yakni Kawasaki ZR800 yang dilaporkan dengan harga Rp50 juta. Namun diperkirakan data ini tak sesuai jika merujuk pada model Kawasaki Z800 yang dipasarkan di Indonesia.

Kawasaki Z800 oleh KMI saat ini dipasarkan dengan harga sekira Rp200 juta-an. Motor ini terbilang sebagai motor yang cukup bengis karena tampang dan tenaga mesin yang mampu dihasilkannya.

LHKPN Menkes Terawan
LHKPN Menkes Terawan Foto: LHKPN

Berbekal mesin DOHC 4-stroke segaris 16 katup dengan kubikasi mencapai 806 cc, menghasilkan tenaga mencapai 113 Ps pada 10.300 rpm sedangkan torsinya mencapai 83 Nm pada 8.000 rpm.

Dalam laporan tersebut, tercatat ia memiliki kekayaan sebesar Rp 3,8 miliar berupa alat transportasi dan mesin.

Dari jumlah uang tersebut, ternyata ia memiliki cukup banyak koleksi kendaraan meliputi 4 unit mobil dan 3 unit motor.

Empat unit mobil diantaranya yakni Honda CR-V, Lexus, dan Toyota Alphard. Honda CR-V milik Terawan ini merupakan lansiran tahun 2013 yang nilainya ditaksir sebesar Rp 200 juta.

Lexus milik Menteri Terawan ini lansiran tahun 2017 memiliki nilai sebesar Rp 1,1 miliar.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close