Trending

Begini kondisi Depok menjelang pelonggaran PSBB

Aktivitas berangsung pulih menjelang pelonggaran PSBB di Depok, Jawa Barat. Sejumlah tempat ibadah dan tempat bisnis mulai dibuka kembali.

Sejumlah tempat usaha di Kota Depok mulai beroperasi kembali setelah sempat ditutup selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Namun demikian, aktivitas yang berlaku masih harus mengikuti protokol kesehatan.

dr Lalu Herman Direkrut RSUD nyeleneh: Bye-bye Covid-19 tak bahaya, hobi off road

Dibukanya kembali sejumlah tempat usaha tersebut ditandai dengan pencopotan kertas segel oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat pada Senin kemarin, 8 Juni 2020. Namun demikian, hal itu tidak berlaku untuk toko atau rumah makan yang masuk dalam wilayah di 25 RW zona merah.

“Kita sebenarnya sudah PSBB proporsional, yakni menuju transisi adaptasi kebiasaan baru tapi dilakukan dengan proporsional,” kata Kepala Satpol PP Depok, Lienda Ratna Nurdiany usai memimpin langsung sosialisi aturan tersebut.

Salat Jumat saat normal baru di Depok. Foto: Antara
Salat Jumat saat normal baru di Depok. Foto: Antara

Keputusan ini berdasarkan Peraturan Wali Kota Depok Nomor 37. Di aturan itu ada beberapa tahapan seperti misalnya dibukanya kembali tempat ibadah untuk yang zona aman, serta toko-toko dan restoran.

Semua toko atau tempat usaha sudah bisa beroperasi lagi kecuali mal dan tempat yang berada di 25 zona merah dengan status Pembatasan Sosial Kampung Siaga (PSKS).

Patuhi protokol kesehatan

Bagi tempat usaha yang telah beroperasi kembali harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Di antaranya, mengarahkan pengunjung memakai masker, menyiapkan tempat cuci tangan atau hand sanitizer serta membatasi jumlah pengunjung tidak lebih dari 50 persen.

Sejak Senin kemarin, perkantoran dan pabrik-pabrik, termasuk pabrik non-pangan, di sekitar Depok juga sudah beroperasi. Aktivitas bisnis sudah berangsung pulih.

Persiapan normal baru di The Margo Hotel Depok. Foto: Antara
Persiapan normal baru di The Margo Hotel Depok. Foto: Antara

Pelonggaran PSBB, kapan mal buka?

“Untuk mall kalau tidak salah baru akan dibuka dengan adapatasi kebiasan baru tanggal 16 Juni. Nah sekarang ini yang toko-toko mandiri sudah buka, termasuk toko pakaian dan rumah makan. Tapi itu tadi, dengan catatan harus mematuhi protokol kesehatan.”

Pemerintah Kota Depok mulai melakukan peninjauan pada sejumlah tempat ibadah, pusat perbelanjaan atau mal jelang diberlakukannya adaptasi kebiasaan baru atau AKB. Di beberapa wilayah, mal sudah siap buka.

Saat ini, pemerintah setempat sudah mengajukan PSBB dengan kriteria proporsional. Usulan ini pun telah disetujui oleh Gubernur Jawa Barat, dan mulai berlaku selama 14 hari ke depan atau dari 5 Juni 2020 hingga 19 Juni 2020.

Pengajuan tersebut juga telah dimuat dalam Surat Wali Kota Depok Nomor 443/273-Huk/GT Tanggal 3 Juni 2020 tentang pengajuan permohonan perpanjangan PSBB proporsional di wilayah Kota Depok

Dalam PSBB proporsional diberlakukan protokol sesuai Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 46 Tahun 2020 tentang pedoman PSBB secara proporsional sesuai level kewaspadaan kabupaten/kota sebagai persiapan pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru untuk pencegahan dan pengendalian COVID-19, dimana Kota Depok ditetapkan pada level Kewaspadaan III. (Darmawan)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close