Hobi

Selama pandemi covid-19, gaya konsumen beli mobil berubah drastis

Pandemi covid-19 mengubah kehidupan banyak masyarakat terutama konsumen pembeli mobil yang dinilai produsen otomotif nasional ikut berubah.

Salah satu indicator perubahan yang terjadi, banyak produsen otomotif melalui jaringan dilernya mengubah pola penjualan dengan cara jemput bola. Langkah tersebut dijadikan standar di tengah kekhawatiran masyarakat akan penularan virus covid-19.

Baca juga: Segini jumlah penumpang mobil pribadi jika tak ingin ditilang selama PSBB

Dengan berbagai macam program mulai dari pembelian mobil yang kini bisa dilakukan secara online, maupun berbagai informasi terkati mobil baru yang bisa didapatkan melalui aplikasi yang disediakan diler mobil di beberapa kota khususnya Jakarta.

Suzuki di pameran otomotif IIMS
Konsumen hadiri pameran otomotif Foto: Hops/mfd

Kondisi yang sama juga dialami produsen Suzuki yang mengalami perubahan karakter pembelinya, dimana konsumen yang akan membeli mobil, diperkenankan terlebih dahulu mencoba mobil yang menjadi pilihannya.

Untuk mencoba mobil tersebut, uniknya konsumen tak perlu repot mendatangi diler terdekat, namun produsen mobil Suzuki melalui jaringan dilernya akan mengantarkan mobil yang akan dibeli terlebih dahulu dirasakan oleh calon pembeli.

Perubahan kebiasaan baru ini menurut Suzuki menjadi tren dari gaya konsumen selama pandemi dimana banyak calon pembeli yang tak mendatangi diler, namun memanfaatkan seluruh aplikasi yang telah disediakan untuk pembelian mobil.

Pameran mobil Suzuki
Ilustrasi pameran otomotif di Indonesia Foto: Suzuki

Tercatat sepanjang Januari hingga Agustus 2020, tercatat ada 955 orang telah mengajukan permintaan test drive dengan berbagai model kendaraan yang akan dibelinya. Angka tersebut meningkat 128 persen dibanding periode sebelumnya sebelum pandemi terjadi.

Jika rata-rata di lima bulan pertama tahun 2020 hanya berkisar 50 orang, di tiga bulan terakhir angka pengajuan test drive mencapai 236 orang.

“Tren pemintaan test drive melalui website terus meningkat. Untuk itu, demi kami kesehatan dan keselamatan konsumen dan karyawan kami juga mengoptimalkan pelayanan yang sesuai dengan protokol kesehatan melalui layanan home test drive. Layanan ini kami berikan untuk mempermudah konsumen yang ingin melakukan pembelian namun mengurangi interaksi langsung di diler,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS dalam keterangan resmi yang diterima Hops.id.

Khusus untuk pengajuan home test drive, Suzuki memastikan setiap mobil yang diantar ke rumah konsumen sudah dibersihkan dan disemprot cairan disinfektan yang sesuai. Petugas yang mengantar dan menemani sesi test drive pun menggunakan masker, sarung tangan, serta menjaga jarak aman. Untuk persyaratan pembeliannya pun tak perlu khawatir, karena dapat dilakukan secara daring.

Suzuki XL7
Suzuki XL7 Foto: Suzuki

Saat ini, Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat menjadi daerah yang mendominasi angka pengajuan home test drive melalui website. Sedangkan untuk produk, dari seluruh model Suzuki, XL7 menjadi mobil yang paling banyak diminta untuk dilakukan home test drive ataupun test drive di diler yaitu sebesar 58,6% disusul oleh All New Ertiga sebanyak 14,5%.

Donny mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi minat dan kepercayaan konsumen pada produk-produk Suzuki. “Kami sangat berterima kasih karena Suzuki tetap dipercaya sebagai produsen mobil-mobil berkualitas, salah satunya XL7. The Extraordinary SUV ini dengan cepat menjadi primadona masyarakat karena tampilannya yang berkarakter, banyak memiliki fitur mutakhir seperti smart e-mirror, warnanya unik, muat untuk 1 keluarga, dan harganya kompetitif. Kepercayaan konsumen kepada Suzuki membuat kami selalu berupaya memberikan yang terbaik melalui produk dan layanan yang mengutamakan kemudahan, kenyamanan dan keselamatan,” tutupnya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close