Hot

Kronologi Deddy Corbuzier dapat surat terbuka dari Grandmaster Catur Indonesia

Deddy Corbuzier menerima surat terbuka yang dilayangkan oleh Grand Master wanita Indonesia, Irene Kharisma Sukandar. Hal ini berkaitan dengan klarifikasi yang diberikan oleh pemilik akun Dewa_Kipas dalam kanal YouTube-nya. Seperti apa kronologi permasalahan dan surat terbuka yang ditujukan untuk Deddy Corbuzier? Simak selengkapnya!

Awal mula permasalahan

Polemik ini berawal dari permainan catur online, Chess.com, yang diikuti oleh Dadang Subur (Dewa_Kipas) melawan gamer catur dunia Levy Rozman (GothamChess). Dadang nyatanya berhasil memenangkan pertandingan tersebut dalam waktu yang singkat.

Pertandingan catur tersebut berlangsung pada Selasa, 2 Maret 2021 dengan durasi kurang dari 5 menit. Setelah pertandingan selesai, akun Dewa_Kipas ramai diserang dengan berbagai komentar tak menyenangkan. Ia dituding curang dan menggunakan bot dalam permainannya.

Menurut keterangan anak Dadang, Ali, akun Dewa_Kipas diblokir oleh Chess.com lantaran banyaknya laporan yang masuk. Ia juga menuturkan bahwa sang ayah dianggap melakukan kecurangan lantaran alur permainan yang tidak wajar.

Surat terbuka untuk Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier
Deddy Corbuzier. Foto: Youtube

Grandmaster wanita catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar, melayangkan surat terbuka untuk Deddy Corbuzier. Hal ini lantaran pihak Dadang diberi kesempatan untuk tampil dalam podcast yang tayang di kanal YouTube-nya.

Menurut Irene, peristiwa ini telah mencoreng pecatur profesional di dunia catur Internasional. Ia juga mengajak Dedy Crobuzier untuk sama-sama meluruskan pemberitaan yang ramai terjadi.

“Di satu sisi, tentu segala bentuk publikasi akan catur adalah suatu keuntungan bagi para insannya. Tapi saya selalu memegang nilai-nilai kebenaran, jujur, dan ksatria seperti makna permainan catur, dan kita, saya dan Mas Deddt, sebagai public figure yang bisa membentuk opini masyarakat harus bersama-sama memberitakan berita yang benar untuk membangun karakter bangsa ini dan nilai-nilai kejujuran.”

“Saya tidak mau komentar lagi, karena memang sudah selesai, tidak ada apa-apa lagi. Apa yang saya lakukan sekarang hanya meluruskan berita saja apa yang dilakukan Dewa Kipas bukan hanya mencoreng Percasi, tapi kami sebagai atlet catur,” ujarnya dilansir CNN.

Unggahan GothamChess

Melalui Twitter, GothamChess mengunggah headline surat kabar dalam bahasa Indonesia. Dalam berita tersebut, akun Dewa_Kipas telah resmi dinyatakan curang. Menanggapi ini, GothamChess menuliskan kalimat sebagaimana berikut.

“Drama telah berakhir, kebenaran terkuak,” tulisnya pada Senin, 15 Maret.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close