Trending

Kronologi KM Karya Indah terbakar versi Basarnas, TNI AL dan Polairud langsung…

Basarnas Ternate terjun mengevakuasi penumpang KM Karya Indah yang terbakar di perairan dekat dengan Pulau Limafatola. Dengan cepat Basarnas langsung terjun ke lokasi kebakaran kapal tersebut. Kronologi KM Karya Indah terbakar disampaikan tim SAR.

Nah ada yang beda dari KM Karya Indah lho, yakni soal data penumpang kapal motor tersebut. Data awal dengan temuan di lokasi kebakaran itu beda ternyata.

Muslima Fest

Kronologi versi Basarnas

Tim SAR menuju lokasi kebakaran KM Karya Indah
Tim SAR menuju lokasi kebakaran KM Karya Indah. Foto Instagram @basarnas_ternate

Kepala Basarnas Ternate, M. Arafah menjelaskan kronologi terbakarnya KM Karya Indah.

Menurut informasi yang masuk ke Basarnas Ternate, KM Karya Indah berlayar pada Sabtu 29 Mei 2021 dengan rute Ternate ke Sasana. Kemudian setelah berlayar dan berjarak tertentu terjadi kebakaran kapal.

Kronologis kronologis 29 Mei 2021 dilaksanakan pelayaran ternate ke sasana mengalami kebakaran kurang lebih 50 nautical mile arah arah Pulau Lifamatola, dengan penumpang 81 orang

“Pada pukul 08.30 kami mendapat informasi, selanjutnya 08.50 kami berangkatkan tim resque dan Polairud, Lanal untuk bantuan pertolongan. Pukul 09.35, tim gabungan sudah tiba di lokasi,” jelas Arafah.

“Kapal mengalami kebakaran kurang lebih 5 nautical mile arah Pulau Lifamatola,” jelasnya dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu 29 Mei 2021.

Nah data awal pelayaran penumpang adalah penumpang KM Karya Indah itu 81 orang.

Jumlah penumpang sesuai laporan awal berjumlah 81 orang, namun setelah dievakuasi dan melakukan pendataan terdapat ada 181 penumpang dan 14 ABK kapal.

Penyebab kapal terbakar

Cuplikan video Kapal Karya Indah terbakar. Foto: Instagram
Cuplikan video Kapal Karya Indah terbakar. Foto: Instagram

Salah satu penumpang bernama Muhammad Ali Sadad Jainahu mengungkapkan penyebab awal Kapal KM Karya Indah terbakar.

Muhammad Ali Sadad menjelaskan, awal kemunculan api berasal dari kamar mesin kapal KM Karya Indah.

Kemudian dengan cepat api pun merambat ke sekitar badan kapal yang menyebabkan para penumpang panik dan langsung menyelamatkan diri dengan terjun ke luat menggunakan pelampung.

“Jadi, peristiwa yang terjadi itu api dari mesin kapal, kami panik karena api dari belakang kapal dari kamar mesin semakin membesar. Kita semua lari ke anjungan kapal, kemudian ABK (Anak Buah Kapal) memberikan pelampung kepada semua penumpang,” katanya kepada Okezone pada Sabtu, 29 Mei 2021.

Muhammad Ali juga mengatakan bahwa dia bersama para penumpang lainnya sempat terombang-ambing di lautan selam kurang lebih dua jam lamanya.

Kendati demikian, Tim SAR yang turun ke lokasi sekitar Kapal KM Karya Indah yang terbakar berhasil mengevakuasi para penumpang.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close