Trending

Kronologi lengkap mula boikot Indomaret: Rugi Rp1 triliun sampai sidang internasional

Belakangan ini serikat buruh, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia menggaungkan aksi boikot Indomaret. Nih buat tahu kami ya Sobat Hopers, ternyata kronologi boikot Indomaret ini berawal dari masalah THR karyawan tetap Indomaret yang nggak dibayarkan penuh gitu. Jadi karyawan tetap Indomaret, Anwar Bessy memprotes selama dua hari soal THR 2020 yang nggak dibayarkan.

Dalam menyampaikan protes ke manajemern Indomaret itu, Anwar merusak fasilitas Indomaret. Akhirnya perusakan ini berujung ke masalah hukum. Nah ini lah kronologi dan serba-serbi aksi boikot Indomaret.

Kronologi boikot Indomaret, bermula dari Anwar Bessy

Buruh dukung lawan Indomaret
Buruh dukung lawan Indomaret. Foto Twitter @puk_fscm

Aksi boikot Indomaret ini bermula dari persoalan THR yang membelit Anwar Bessy, sopir Indomaret yang statusnya karyawan tetap. Tugasnya adalah mengirim barang-barang ke toko Indomaret.

Merasa hak THR 2020 ngga dipenuhi, Anwar yang merupakan anggota FSPMI protes ke manajemen Indomaret.

Kronologinya begini, pada 8 Mei 2020, Anwar protes kok Indomaret memootong THR-nya. Anwar protes selama dua hari yaitu pada 8 dan 11 Mei 2020 di Distribution Center (DC) Ancol, Jalan Ancol Barat 7 Nomor 2 Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Pada 8 Mei 2020 ada kabar perusahaan memotong THR. Pekerja Indomaret yang masa kerja 3-7 tahun dapat THR 1,5 upah dan pekerja di atas 7 tahun dapat THR 2 bulan upah. Nah jadinya THR 1 bulan upah. Proteslah buruh pekerja Indomaret. Salah satu dari yang protes itu Anwar Bessy.

Pada malam harinya, tercapai kesepakatan pembayaran THR dilakukan pada 11 Mei 2020 sore hari.

Selepas perundingan pekerja dengan manajemen Indomaret, sekitar pukul 22.30 WIB, pecah kericuhan yang berdampak kerusakan kecil dinding gipsum. Anwar Bessy mengatakan kerusakan itu tak disengaja kok.

Pada 11 Mei 2020, ternyata Indomaret sepihak membayat THR pekerja di atas 7 tahun cuma 50 persen dari THR tahun lalu. Protes keras pekerja.

Selanjutnya 13 Mei 2020, buntut dari kerusakan di atas, Anwar Bessy diamankan kepolisian Polres Jakarta Utara sebagai saksi dugaan perusahaan pada 8 Mei 2020.

Tahu berganti, pada 21 Januari 2021, Anwar Bessy mendapat surat panggilan dari Polres Jakarta Utara untuk menghadap JPU di Kejaksaan Negeri Jakarta Utara. Dalam surat itu, Anwar dituntut pengrusakan dan perbuatan tak menyenangkan dengan pasal 335 KUHP atau pasal 406 KUHP.

Ternyata proses hukum atas Anwar ini berlanjut. Jadi setahun setelah protes THR itu, perkara Anwar dengan nomor 353/Pid.B/2021/PN Jkt.Utr baru terdaftar di pengadilan tersebut pada 26 Maret 2021.

Makanya atas nama solidaritas FSPMI terus mengawal proses hukum Anwar di pengadilan.

Kronologi boikot Indomaret: Bayar hak THR karyawan!

Gerai Indomaret. Foto: Gary Taylor via Flickr
Gerai Indomaret. Foto: Gary Taylor via Flickr

Nasib Anwar ini menjadi perhatian serikat pekerja, salah satunya Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Presiden KSPI, Said Iqbal membela Anwar. Soal kerusakan yang dilakukan Anwar menurutnya terjadi spontan lantaran marahnya Anwar yang sudah memuncak kepada Indomaret yang melanggar isi peraturan perusahaan.

Mestinya, Indomaret nggak perlu seret Anwar ke pengadilan. Cukup selesaika perusakan Anwar ini dengan penggantian kerugian saja.

Alih-alih Said menilai pokok masalah Anwar vs Indomaret ini harusnya yang jadi perhatian dong, yakni bagaimana tuntutan Anwar agar Indomaret memenuhi hak karyawannya.

Dia mengatakan, seharusnya Indomarco membayar THR sesuai peraturan. Untuk pekerja yang memiliki masa kerja sampai dengan tiga tahun, mereka mesti digaji sebesar 1 bulan upah, masa kerja 3-7 tahun sebanyak 1,5 bulan upah, dan 7 tahun ke atas sebanyak 2 bulan upah.

“Serikat buruh berpendapat, manajemen dalam membayar THR 2020 tidak sesuai peratuan perusahaan yang sudah terdaftar di Dinas Tenaga Kerja dan aturan perundangan-undangan seperti UU No 13 Tahun 2003 dan PP No 78 Tahun 2015,” tegas Said dikutip dari laman Koranperdjoeangan, dikutip Kamis 27 Mei 2021.

2 juta buruh, Indomaret bisa rugi Rp1 triliun

Serikat buruh dukung Anwar Bessy boikot Indomaret
Serikat buruh dukung Anwar Bessy boikot Indomaret. Foto Twitter @puk_fscm

Nah serikat buruh ini nggak main-main lho, seruan boikot Indomaret digaungkan kelompok buruh.

Makanya FSPMI dan KSPI menyerukan buruh dalam asosiasinya untuk boikot Indomaret.

Presiden FSPMI Riden Hatam Aziz, mengatakan anggota FSPMI dan KSPI di berbaagai kota dan wilayah siap boikot Indomaret.

Riden mengatan yang sudah komitmen boikot Indomaret yaitu anggota di akarta, Tangerang, Serang, Cilegon, Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Bandung, Semarang, Lampung, Medan, Deli Serdang, Batam, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, dan kota-kota lainnya.

Pada Kamis 27 Mei 2021, protes dilanjutkan dengan demonstrasi di kantor Indomaret seluruh Indonesia dan kantor pusat Indomaret di Jakarta.

Aksi boikot Indomaret oleh buruh ini dinilai bisa berdampak serius ke perdagangan toko ritel ini.

Said Iqbal menaksir jumlah buruk yang ikut boikot Indomaret itu mencapai 2,2 juta buruh yang tersebar di 30 provinsi.

Nah kalau rata-rata tiap buruh belanja Rp500 ribu per bulan di Indomaret, maka Said mengalkulasi kerugian Indomaret dari aksi boikot ini bisa mencapai Rp1 Triliun.

Diadukan ke internasional

Sidang Organisasi Buruh Internasional (ILO)
Sidang Organisasi Buruh Internasional (ILO). Foto Instagram @iloinfo

Bukan cuma aksi boikot Indomaret di seluruh Indonesia lho, serikat buruh sudah siap membawa masalah ini ke forum internasional lho. Kok ke internasional segala, ternyata KSPI ini kan anggota Konfederasi Kebebasan Berseikat Buruh Sedunia (ITUC).

Said Iqbal mengungkapkan siap membawa masalah Anwar ini ke Sidang Organisasi Buruh Internasional di Jenewa Swiss pada Juni 2021.

Kasus Anwar, menurut Said, diduga melanggar Konvensi Organisasi Buruh Internasional Nomor 87 tentang Kebebasan Berserikat dan Nomor 98 tentang Hak Berunding.

“Isu kampanye yang akan kami usung adalah perusahaan retail terbesar di Indonesia diduga mengabaikan hak buruh dan mengkriminalisasi pekerjanya sendiri,” kata Said.

Rencananya, Said akan meminta ITUC untuk mendesak Organisasi Buruh Internasional bersurat ke pemerintah Indonesia dan manajemen Indamaret.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close