Trending

Lagi pandemi, Korea Utara malah picu perang dengan Korea Selatan

Keberadaan diktator Korea Utara Kim Jong-un baru saja terkuak. Setelah sekian lama dia menghilang dari peredaran yang memicu beragam spekulasi. Tapi pemberitaan panas seputar Korea Utara masih berlanjut. Kali ini soal di tengah pandemi, Korea Utara malah memancing keributan dengan Korea Selatan.

Di tengah perjuangan melawan pandemi, Korea Utara membuat situasi menjadi panas. Pasukan Korea Utara dan Korea Selatan terlibat baku tembak di perbatasan kedua negara pada Minggu, 3 Mei 2020. Korea Selatan menuding pasukan militer Korea Utara menembak post penjagaan mereka.

Baku tembak pecah di sepanjang perbatasan Korut-Korsel yang dijaga ketat. Insiden yang terjadi pada hari ini merupakan ketegangan yang kerap terjadi. Beberapa pihak khawatir hal ini bakal memicu perang antar kedua negara. Tapi untunglah menurut pakar, ketegangan tidak akan bertambah, dilansir dari the Telegraph, Minggu, 3 Mei 2020.

Menurut keterangan resmi dari pemerintah Korea Selatan, pasukan bersenjata Korea Utara melepaskan beberapa tembakan ke pos penjagaan milik Negeri Ginseng. Korea Selatan melepaskan tembakan balasan setelah memberi peringatan.

Kim Jong Un
Kim Jong Un Photo: The American COnservative

Tidak ada korban dari pihak Korea Selatan. Tapi tidak diketahui perihal korban dari kubu Kim Jong-un. Korea Selatan mengklaim sudah mencoba menghubungi pihak Korea Utara lewat sambungan radio untuk mencegah konflik.

Baca juga: Ini foto-foto bukti kemunculan Kim Jong Un, rakyat Korut teriak: Hore!

Insiden itu terjadi sehari setelah kemunculan kembali Kim Jong-un di hadapan publik setelah menghilang selama 20 hari. Kim muncul dalam acara peresmian pabrik pupuk di Pyongyang bersama para pejabat senior.

Korea Selatan dan Korea Utara berbagi lahan seluas 248 kilometer. Kedua negara dipisahkan oleh zona demiliterisasi sepanjang 4 kilometer. Tapi nyatanya di sana sebagai tempat yang paling dijaga ketat di dunia. Dilengkapi dengan kawat listrik, tank serta pasukan militer.

Pada akhir 2018 kedua negara menghancurkan pos penjagaan terdepan untuk mengurangu ketegangan. Tapi usaha itu gagal setelah perundingan antara Kim Jong-un dan Donald Trump gagal. Amerika Serikat berusaha bernegosiasi agar Korea Utara menyerahkan nuklir mereka sebagai imbalannya, sanksi ekonomi akan dicabut.

Terkahir kalinya pecah tembakan di perbatasan antar kedua negara pada tahun 2017. Di mana pasukan Korea Utara menembak seorang prajurit yang berusaha meloloskan diri ke Korea Selatan.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close