Fit

Lakukan 5 hal ini untuk redakan rasa nyeri berlebihan saat menstruasi

Datang bulan atau menstruasi dapat menjadi momok yang menakutkan bagi perempuan. Yap! Pasalnya, siklus bulanan yang satu ini kerap menyebabkan nyeri, sakit kepala, hingga perubahan mood sewaktu-waktu. Nah, untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit saat menstruasi, kamu bisa lakukan 5 hal ini.

Apa saja? Yuk, simak selengkapnya!

Muslima Fest

Pijat

Ilustrasi pijat. Foto: Freepik
Ilustrasi pijat. Foto: Freepik

Jika kamu merasakan nyeri saat menstruasi, cobalah untuk memijat area abdomen selama 20 menit dalam satu hari. Hal ini lantaran pijat membantu kelancaran peredaran darah. Kamu juga bisa gunakan essential oil atau minyak atsiri.

Dilansir dari Healthline, sebuah studi dari Trusted Source pada 2010 meninjau 23 perempuan yang mengalami nyeri saat menstruasi akibat endometriosis. Penelitian membuktikan bahwa pijat dapat meredakan rasa sakit secara signifikan. Biasanya, terapi pijat untuk menstruasi berpusat pada beberapa titik tubuh, di antaranya abdomen, area samping tubuh, hingga punggung.

Meminum obat

Rasa nyeri yang berlebihan juga bisa diredakan dengan konsumsi obat nonsteroidal anti-inflammatory (NSAIDs). Beberapa jenis obat ini di antaranya ibuprofen dan naproxen.

Obat tersebut berfungsi untuk mengurangi produksi zat dengan struktur kimia yang menyerupai hormon, prostaglandin. Zat prostaglandin bekerja untuk merangsang kontraksi otot rahim pada saat menstruasi.

Kompres

Mengompres area abdomen dan bawah punggung dapat membantu meredakan nyeri. Sebuah studi tahun 2012 yang berfokus pada 147 perempuan berusia 18–30 tahun menunjukkan bahwa kompres hangat sama efektif dengan ibuprofen. Biasanya, suhu yang digunakan sekitar 104°F atau 40°C.

Hindari makanan tertentu

Ada baiknya untuk menghindari makanan dan minuman tertentu saat sedang menstruasi. Misalnya, makanan berlemak, alkohol, minuman berkarbonasi, kafein, dan makanan yang mengandung garam.

Mengapa? Karena kandungan dalam makanan dan minuman tersebut dapat mengakibatkan kembung dan pengendapan cairan. Nah, sebagai gantinya, kamu bisa konsumsi teh jahe, mint, ataupun air lemon hangat. Kalau kamu membutuhkan asupan gula, kamu bisa menjadikan buah-buahan seperti stroberi.

Diet herbal

Tanaman herbal dill untuk redakan nyeri. Foto: Freepik
Tanaman herbal dill untuk redakan nyeri. Foto: Freepik

Cara lain yang bisa kamu coba adalah diet herbal. Ada beberapa bahan herbal yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan nyeri pada saat menstruasi, di antaranya teh kamomil, kayu manis, jahe, dill, hingga tunas adas.

Nah, itu dia 5 hal yang dapat kamu lakukan untuk redakan nyeri saat menstruasi. Semoga membantu!

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close