Lifestyle

Langka, bayi Perempuan alami diprosopus: Punya dua mulut di wajah

Seorang bayi perempuan berusia enam bulan terlahir dengan kondisi tak biasa. Ia memiliki mulut kedua yang terletak di area bawah dagu. Ia disebut alami diprosopus.

Bagian mulut yang ada pada bayi tersebut dilengkapi dengan bibir, gigi, serta lidah. Kondisi diprosopus ini terbilang langka, bahkan diduga hanya pernah dimiliki oleh 35 orang sejak tahun 1900-an.

Baca juga: Video: Wanita tak sadar lahiran di pinggir jalan, bayinya terpental ke aspal

Benjolan tersebut pertama kali terlihat melalui hasil scan USG saat kandungan sang Ibu berusia 28 minggu. Awalnya, objek berukuran 0,8 inchi tersebut diduga tumor atau kista. Namun, setelah bayi perempuan itu lahir di Charleston, Karolina Selatan, barulah diketahui bahwa objek misterius tersebut adalah mulut kedua.

Bayi alami Diprosopus Photo: Daily Mail

Kondisi ini disebut dengan Diprosopus atau duplikasi bagian wajah.

Dilansir dari Daily Star, dokter yang menangani sang bayi mengatakan bahwa mulut kedua tersebut tidak memiliki koneksi apapun dengan mulut utama. Meski seringkali mengeluarkan cairan bening yang diduga saliva atau air liur, ia tetap dapat makan, minum, serta bernafas secara normal.

Organ tambahan ini terkadang dilingkupi oleh kulit yang kemerahan.

Kini, bayi tersebut telah sukses menjalani operasi organ tambahan yang terletak di wajahnya. Operasi ini melibatkan pengangkatan rahang yang menopang tulang dan gigi pada mulut kedua.

Bayi alami Diprosopus Photo: Daily Mail

“Setelah operasi, ia mengalami pembengkakan ringan pada bagian kanan wajah yang mengalami pembedahan medis—scan telah dilakukan dan menunjukkan gumpalan cairan,” ujar dokter.

Dokter juga mengatakan bahwa pembengkakan akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa bulan. Penanganan medis lebih lanjut tak perlu dilakukan.

“Pada pemeriksaan lanjutan enam bulan, jahitan telah sepenuhnya sembuh dan pasien telah dapat makan tanpa kesulitan.”

Kendati demikian, ditemukan masalah baru. Bayi tersebut tidak dapat menggerakkan bagian bibir bawah kanannya. Artinya, otot di area tersebut sudah tidak lagi berfungsi.

Diprosopus merupakan kondisi langka yang kerap ditemukan pada beragam hewan, mulai dari domba, ayam, hingga kucing. Menurut para ilmuwan, hal ini terjadi karena masalah protein yang membentuk struktur facial pada masa kehamilan.

Sebelumnya, seorang bayi laki-laki di Missouri yang lahir pada 2004 juga mengalami masalah serupa. Ia memiliki dua pasang lubang hidung yang terpisah serta bentuk kepala yang abnormal. (Naryati)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close