Trending

Langkah pulang Habib Rizieq terjegal, Dubes Arab sebut statusnya begini

Sejak kemarin, kabar kepulangan pimpinan FPI, Habib Rizieq Shihab gencar diberitakan media. Berdasarkan sejumlah keterangan, status pencekalan Habib Rizieq sudah dicabut, sehingga dia bisa kembali ke Indonesia setelah tiga tahun menetap di Arab Saudi.

Namun, kabar tersebut secara tak langsung dibantah Dubes RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel yang mengatakan Habib Rizieq belum diperbolehkan pulang ke Tanah Air. Sebab, kata dia, visa kunjungan pria yang acap mengenakan sorban putih itu sudah habis dan statusnya kini sebagai mukhalif atau pelanggar undang-undang.

Baca juga: FPI umumkan Habib Rizieq siap pulang, Wakil Ketua MPR: Belum tentu berani

“Berdasarkan komunikasi kami dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, bahwa sampai detik ini nama Mohammad Rizieq Shihab (MRS) dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi masih “blinking merah” dengan tulisan ta’syirat mutanahiyah (visa habis) dan dalam kolom lain tertulis: mukhalif (pelanggar UU),” ujar Agus, dikutip dari Kumparan, Rabu 14 Oktober 2020.

“Bentuk pelanggaran: mutakhallif ziyarah (overstay dengan visa kunjungan). Ada juga kolom “ma’lumat al-mukhalif” (data tentang pelanggar). Di kolom foto MRS ditulis “Surah al-Mukhalif” foto pelanggar,” sambungnya. 

Habib Rizieq Shihab.
Habib Rizieq Shihab. Foto: YouTube/Front TV

Sebelumnya, saat aksi demo menolak Undang-undang Cipta Kerja atau UU Ciptaker di depan Istana Merdeka, Jakarta, ada salah seorang orator yang menyampaikan kabar kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia. Kala itu, dia mengatakan, setelah melalui perundingan panjang, akhirnya status pencekalan Habib Rizieq resmi dicabut.

“Alhamdulillah, setelah melalui proses perundingan panjang, dari Habib Rizieq Syihab dan otoritas Kerajaan Saudi, akhirnya terdapat kejelasan dan titik terang kepulangan Habib Rizieq Shihab, wasyukurilah, pada hari ini (Selasa 13 Oktober 2020) Imam besar Habib Rizieq Shihab secara resmi sudah dicabut cekalnya.”

“Dan hari ini juga sudah dibebaskan dari denda-dendanya, denda apa pun, karena imam besar Habib Rizieq Shihab tidak bersalah di Saudi. Setelah cekal ditarik dan denda dihapus, imam besar Habib Rizieq sedang menunggu proses administrasi,” seru salah seorang orator.

Para pendemo dari sejumlah ormas gabugan seperti PA 212 dan FPI saat menggelar unjuk rasa di DPR. Foto: Suara.com
Para pendemo dari sejumlah ormas gabugan seperti PA 212 dan FPI saat menggelar unjuk rasa di DPR. Foto: Suara.com

Komentar PKS soal Kepulangan Habib Rizieq

Anggota Komisi VIII Fraksi PKS, Bukhori Yusuf mengatakan, Habib Rizieq merupakan warga negara Indonesia yang patut dihargai dan diberi kebebasan. Itulah mengapa, dia meminta Habib Rizieq bisa dipulangkan melalui cara-cara konstitusional.

“Patut dihargai karena sebagai warga negara, beliau berhak menikmati kebebasan untuk memilih cara hidup, berjuang, dan berkontribusi untuk bangsa dan negara. Sepanjang melalui cara-cara yang konstitusional,” kata Yusuf.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close