Otomotif

Lawan setimpal Honda HR-V siap tayang, yuk intip spek ngeri Kia Sonet

Tak lama lagi jagat roda empat akan kedatangan produk baru. Mobil itu berjenis Sport Utility Vehicle, yang digadang-gadang bakal bersaing dengan Honda HR-V. Ya, mobil itu adalah KIA Sonet.

Dari informasi yang dihimpun, Kia Motors sendiri sejauh ini sudah merilis foto-foto dari calon produk barunya Kia Sonet. Namun, foto yang disajikan masih berupa versi konsep yang sempat dipamerkan di ajang Auto Expo 2020 lalu. Di mana peluncuran sendiri baru akan dilakukan pada 7 Agustus mendatang.

Baca juga: Berbekal teknologi baru, Mitsubishi Xpander siap tekuk Toyota Avanza

Kia Sonet yang siap produksi memiliki desain yang khas dan dinamis. Mobil ini mempertontonkan gaya muda, dengan beberapa fitur modern. Mobil ini sedianya akan diproduksi di India.

Bocoran spek

Kia Sonet akan disajikan dengan kabin canggih dan semarak yang menampilkan dashboard yang halus dan luas serta konsol tengah minimalis yang menawarkan akses mudah saat bepergian ke fitur-fitur unggulannya. Hal ini disampaikan Kia Motors dalam pernyataan resmi, disitat Sabtu, 1 Agustus 2020.

Dirancang untuk memaksimalkan kenyamanan pengemudi dan penumpang, interior Sonet modern, bersemangat dan menawarkan rasa dinamisme yang tinggi kepada pengemudi.

Dibuat dengan bahan berkualitas tinggi, dashboard-nya menyediakan berbagai fitur ramah pengguna, termasuk baki dua lapis untuk menyimpan perangkat seluler dan barang-barang lainnya saat berkendara.

Render Kia Sonet. Foto: KIA.
Render Kia Sonet. Foto: KIA.

Pada sisi interior, tampilan digital berteknologi tinggi dan instrument cluster, menampilkan layar sentuh HD 10,25 inci dan sistem navigasi dengan teknologi UVO Connected menjadi andalan.

Sonet juga akan menawarkan kontrol yang dipasang di roda kemudi, dan kemampuan untuk memilih berbagai mode drive dan traksi. Ventilasi udara di dashboard menampilkan pola metalik, knurled berlian, desain highlight yang bergaya.

Arah desain

Sejalan dengan DNA desain khas Kia, desain emotif dan berani Sonet menggabungkan ciri-ciri desain merek, termasuk gril “hidung harimau” ikonik, dengan mesh gril geometris ‘stepwell’ tiga dimensi, membuat kesan visual yang kuat terinspirasi oleh arsitektur India.

Lampu depan LED yang unik menegaskan kembali tema ‘Wild by Design’ yang telah menginspirasi Sonet, memberikan penampilan yang kuat yang benar-benar menonjol di jalan. Ini memproyeksikan sikap agresif dengan daya tarik yang kuat.

“Kami percaya karakter yang menarik dari Kia Sonet akan menjadi daya tarik utama bagi pelanggan muda, aspirasional dan selalu terhubung di India dan sekitarnya,” kata Wakil Presiden Senior dan Kepala Desain Global Kia Motors Corporation, Karim Habib.

Keselamatan adalah pertimbangan utama untuk semua kendaraan Kia Motors, dan Sonet akan menampilkan daftar lengkap peralatan keselamatan aktif dan pasif. Ini akan dilengkapi dengan hingga enam airbag–menawarkan kombinasi terdepan di kelasnya untuk perlindungan bagian depan, samping, dan tirai untuk penghuni.

Dapur pacu

Sementara itu menurut beberapa sumber, Sonet dibangun menggunakan platform Hyundai Venue, dengan begitu dapur pacunya diduga akan serupa. Diketahui, Venue memiliki mesin bensin berkapasitas 1.200cc turbo, 1.000cc turbo, dan diesel 1.500cc.

Logo KIA. Foto: Autocar.
Logo KIA. Foto: Autocar.

“Kami telah merancang apa yang kami yakini sebagai SUV dengan gaya sporty yang unik, percaya diri, dan siluet yang dinamis,” tutur Karim.

Lebih lanjut dia mengatakan, Sonet akan menjadi mobil buatan India kedua dari Kia, setelah Seltos yang diproduksi masal untuk pasar global. Model baru ini akan menarik bagi konsumen di seluruh dunia dan akan segera hadir juga di sejumlah negara.

“Diikuti dengan debut pasarnya di India pada musim mendatang. Kia Sonet ditargetkan untuk generasi muda yang mengerti teknologi, aspirasional dan terhubung secara sosial,” sambungya.

Jika melihat dari pernyataan Karim, tidak menutup kemungkinan Sonet akan hadir di Indonesia untuk bersaing dengan SUV kompak lainnya, seperti HR-V, Mazda CX-3 atau Suzuki S-Cross.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close