Unik

Letak dan 5 fungsi tulang hasta serta gangguan yang sering terjadi

Setiap tulang di tubuh manusia punya fungsi masing-masing yang spesifik, termasuk juga tulang hasta.

Tulang hasta merupakan bagian dari struktur lengan bagian bawah. Makanya tulang hasta punya fungsi penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari yang berkaitan dengan gerak tangan. Nah, kenali letak, fungsi serta gangguan yang biasa dialami fungsi hasta.

Muslima Fest

Letak tulang hasta

Tulang hasta adalah satu dari dua tulang yang membentuk lengan bawah manusia. Letaknya ada di lengan bagian bawah dan berlawanan dengan tulang pengumpil tapi saling terhubung dengan humerus atau lengan bagian atas. Bisa dibilang kalau tulang hasta merupakan penyusun dari rangka tulang gerak bagian atas.

Uniknya, saat lahir sampai bayi berusia 4-5 bulan, ukuran tulang hasta 50% lebih besar dari tulang pengumpil. Tapi seiring pertambahan usia, ukurannya makin mengecil sampai menyamai tulang pengumpil.

Fungsi Tulang Hasta

Setidaknya ada tiga fungsi utama tulang hasta, yaitu membentuk struktur lengan, membantu perputaran lengan dan sebagai tempat melekatnya otot lengan bawah. Berikut beberapa contohnya, dikutip dari laman Gramedia.

Ilustrasi tulang tangan. Foto: Pexels
Ilustrasi tulang tangan. Foto: Pexels

Membentuk struktur lengan bawah

Tulang hasta akan menunjang struktur lengan. Lengan bawah dan tulang pengumpil akan ditunjang oleh tulang hasta.

Rotasi pergelangan tangan

Tulang hasta akan membantu pergelangan tangan untuk berputar. Dalam proses ini tulang hasta dibantu oleh tulang pengumpil dan tulang karpal sehingga pergelangan tangan dapat bergerak dengan sempurna.

Gerakan ini penting untuk menujang kegiatan sehari-hari seperti menulis, menggerakan barang, mengangkat benda dan banyak lainnya.

Tempat otot melekat

Fungsi selanjutnya adalah untuk tempat otot melekat, yaitu otot pada lengan bagian bawah. Otot lain yang melekat pada tulang hasta adalah otot tangan.

Membentuk humerus dan sendi siku

Hal ini terjadi karena sendi-sendi yang ada pada siku memiliki peran penting yaitu untuk meregangkan lengan dan menekuk lengan. Hal itu akan membantu lengan bawah untuk bergerak sehingga tidak lagi diperlukan gerakan persendian siku.

Menyimpan asupan mineral

Salah satu fungsi utama tulang hasta adalah untuk menyimpan asupan mineral. Mineral yang masuk ke dalam tubuh disimpan di tulang hasta yang akan menghasilkan sel-sel darah atau sumsum.

Gangguan yang sering terjadi

Ilustrasi patah tangan. Foto: Pixabay
Ilustrasi patah tangan. Foto: Pixabay

Karena bentuknya panjang dan tipis, tulang hasta rawan mengalami patah tulang. Kalau sampai patah, bakal menyebabkan nyeri hebat bahkan sampai kehilangan rasa di bagian lengan. Selain itu, sendi yang terkena akan sulit digerakkan.

Deformitas

Deformitas jadi salah satu cedera yang paling sering terjadi pada tulang hasta dan pengumpil. Tapi enggak melulu karena terjatuh, bisa karena kekurangan kalsium, mengangkat beban besar atau penyakit asam urat.

Fraktur greenstick

Fraktur greenstick ditandai dengan patah tulang pada lengan bagian bawah yang tidak sampai membuat patah tulang menjadi dua. Ini merupakan patah tulang parsial atau patah tulang garis rambut ke tulang lain yang utuh.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close