Trending

Niat banget Lockheed Martin goda Indonesia beli jet tempur F16 Viper, sampai…

Produsen pesawat asal Amerika Serikat, Lockheed Martin niat banget menggoda Indonesia lho. Gimana enggak, Lockheed Martin sampai promosiin produknya, pesawat tempur F16 Block 72 cocok untuk Indonesia lho, dan itu diunggah di media sosial lho.

Niatnya lagi, postingan promosi F16 Block 72 diunggah dalam bahasa Indonesia. Gimana nih menurut kalian guys Sobat Hopers.

Buat yang belum tahu ya, F16 Block 72 ini dikenal dengan sebutan F16 Viper.

F16 Viper cocok untuk Indonesia

Pesawat tempur F-16 Viper
Pesawat tempur F-16 Viper. Foto Instagram @dc.jets

Dalam postingannya di akun media sosialnya, Lockheed Martin mempromosikan pesawat tempurnya itu. Menurut perusahaan AS itu, pesawat tempur F16 Viper itu cocok untuk menjembatani Indonesia pada pesawat tempur pesawat F16 TNI AU dengan pesawat tempur generasi kelima Lockheed Martin, yaitu F-35.

“F-16 Block 72 adalah solusi dengan nilai terbaik untuk Indonesia. Block 72 memberikan kemampuan terbaik yang dibangun di atas reputasi F-16 sebagai tempat kerja untuk misi pertahanan sekutu di seluruh dunia,” tulis akun Lockheed Martin dikutip Sabtu 19 Juni 2021.

Dalam promosinya, Lockheed Martin menuliskan kalau Indonesia mau beli F16 Block 72 maka akan terbuka peluang bagi militer Indonesia untuk mencicipi teknologi pesawat tempur generasi kelima mereka, F-22 dan F-35. Jadi kalau Indonesia oke, Lockheed Martin janji nih bakal mengintegrasikan teknologi pesawat generasi kelima di F16 Block 72.

Bukan tanpa alasan pula Lockheed Martin menawarin Indonesia F16 Block 72. TNI AU sudah punya infrastruktur dan pasokan untuk F16 Block 72 lho.

Lockheed Martin mencatat saat ini TNI AU punya 34 jet tempur F16 dan punya perlengkapan pendukung F16, suku cadang, dan pilot terlatih serta personel untuk pemeliharaan pesawat.

Pesawat TNI AU F16A Blok 15 yang baru saja diperbaharui memberikan peningkatan struktural paruh baya dan peningkatan avionik dalam armadanya. Sekarang pesawat tersebut dapat melengkapi F16 Blok 72 yang ada, tulis Lockeed Martin gitu.

Dengan pengalaman F16 dan infrastruktur yang sudah ada, F16 Blok 72 akan memungkinkan transisi yang lebih lancar dan efisien dengan pengoperasian yang hemat biaya karena investasi awal sudah selesai.

“Selain itu, dengan lebih dari 3.000 F-16 yang beroperasi di 25 negara saat ini, pengguna F-16 di seluruh dunia dapat berbagi informasi serta proyek keberlanjutan dan biaya yang terkait dengan pemeliharaan F-16,” kata perusahaan itu.

Belum lagi, lihat dong fakta sekitar setengah dari rantai pasokan F16 memiliki kesamaan dengan F22 dan F35.

Wah bisa aja nih Lockheed Martin jualannya nggak sih?

Nah Lockheed Martin cenderung mengakui, jika Indonesia pilih membeli pesawat tempur baru selain F16 maka akan butuh energi untuk menyiapkan infrastruktur pesawat tempur.

“Jika TNI AU memilih platform pesawat baru selain F-16 sebagai pesawat tempur masa depannya, maka TNI AU harus banyak berinvestasi dalam infrastruktur baru, serta melatih pilot dan personil pemeliharaan yang baru. Tidak hanya itu, TNI AU juga harus mengintegrasikan peralatan pendukung darat baru dan mencari satu set senjata terpisah dari inventori yang saat ini yang digunakan untuk F-16,” tulis Lockheed Martin.

Bisa aja salesman Lockheed Martin

Pesawat F16 TNI AU
Pesawat F16 TNI AU. Foto Instagram @kornelius_eko

Nah godaan Lockheed Martin untuk Indonesia itu direspons ramai banget oleh warganet Indonesia.

Salah satunya adalah akun @infokomando. Akun ini menilai ya gitulah Lockheed Martin mau jualan ke Indonesia, tapi kana nggak mudah lho.

“Semangat salesnya luar biasa dan cukup diacungi jempol,” tulis akun itu.

Nah aslinya, menurut akun tersebut, Indonesia sempat ingin mengakuisisi F-35, tapi untuk menuju ke sana pemerintah Amerika Serikat mensyaratkan Indonesia wajib melengkapi koleksi pesawat tempur seri F-nya dulu.

Amerika Serikat memang punya syarat untuk Indonesia, karena Indonesia itu bukan sekutunya AS. Beda lho kalau Indonesia menyatakan jadi sekutu AS, maka pembelian pesawat temput Lockheed Martin nggak ribet banyak syarat.

“Beda perlakuan bila Indonesia menyatakan sekutu AS, pasti keingingan beli F35 bisa langsung OK. Tidak belibet seperti ini,” tulis akun itu.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close