Trending

Jokowi minta Luhut dkk kerja mati-matian, demi angka kematian

Koordinator PPKM Level 4 Jawa Bali, Luhut Pandjaitan mengatakan pemerintah bakal terus menggenjot upaya 3T dalam penanganan Covid-19. Selain itu, dalam penanganan Covid-19 ini, Presiden Jokowi secara khusus memerintahkan anak buahnya, termasuk Luhut untuk kerja mati-matian menekan angka kematian dalam pandemi Covid-19.

Atas instruksi Jokowi itu, Luhut telah menyampaiakn kepada semua lembaga pemerintah untuk menggalakkan upaya testing, tracing da treatment (3T). Arahan terbaru, 3T ini dilakukan minimal kepada delapan orang yang punya kontak erat dengan orang yang kena Covid-19.

Luhut dkk diminta kerja mati-matian

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi soal TWK KPK. Foto Setkab.go.id

Luhut menyampaikan ada pesan khusus dari Presiden Jokowi kepada anak buahnya. Jokowi minta jajaran pemerintahan untuk bekerja total menekan angka kematian akibat Covid-19.

“Secara khusus Presiden Jokowi menyampaikan kepada kami semua bawahannya untuk bekerja mati-matian menurunkan angka kematian. Untuk itu saya sampaikan kepada seluruh K/L terkait agar selalu mengecek dan melihat keadaan di lingkungan kerja dan tempat tinggal masing-masing, apakah sudah berjalan pelaksanaan testing, tracing dan treatment ini,” tulis Luhut dalam postingan di akun Instgramnya dikutip Jumat 30 Juli 2021.

Luhut yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi di kabinet Jokowi ini menegaskan pemerintah sedang mengejar pelaksanaan 3T. Untuk itu Luhut berharap seluruh masyarakat Indonesia bisa membantu pemerintah dengan lebih disiplin lagi menerapkan protokol kesehatan dan jangan lupa ikuti vaksinasi.

Untuk mekanisme genjot 3T, Luhut ingin dilakukan kombinasi digital dan cek langsung lapangan, sehingga hasilnya akan terintegrasi dalam sebuah sistem yang padu. Menteri asal Batak ini mengingatkan masifnya upaya testing dan tracing ini diperkirakan kasus konfirmasi harian akan tinggi karena kapasitas testing yang meningkat.

Namun Luhut memohon kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak perlu khawatir karena dengan semakin banyak orang yang dites dan dilacak, maka potensi penularan virus bisa berkurang.

Nantinya pasien yang terkonfirmasi positif atau kontak erat dengan hasil positif akan dibawa ke tempat-tempat isolasi terpusat yang telah disiapkan lengkap dengan fasilitasnya yaitu 49.000 bed isolation, oksigen, obat-obatan dan perawatan penunjang lainnya sesuai standar WHO.

Target 2 juta suntikan vaksin per hari

Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi di RSUI, Rabu (9/6/2021) Foto: Humas RSUI
Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi di RSUI, Rabu (9/6/2021) Foto: Humas RSUI

Selain upaya 3T yang akan lebih masif ke depannya, Luhut mengaku telah menekankan agar vaksinasi harus terus berjalan. Target stok vaksin bulan depan yang harus tersedia sebanyak 50 juta dosis, maka sesuai target akan mencapai 2 juta suntikan vaksin per harinya bisa tercapai pada awal Agustus ini.

Sebelumnya tager 2 juta suntikan vaksin per hari sudah disampaikan Presudeb Jokowi. Dia terus meminta jajarannya untuk mengakselerasi vaksinasi Covid-19 agar segera tercapai kekebalan komunal atau herd immunity dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pada bulan Agustus, pemerintah menargetkan vaksinasi harian sebanyak dua juta dosis.

“Hari ini bersyukur kita bisa melaksanakan vaksinasi massal di seluruh Tanah Air dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Memang target hari ini adalah satu juta vaksin untuk rakyat yang kita harapkan nanti akan terus menuju di bulan Juli dan di bulan Agustus target kita nanti dua juta vaksin,” kata Jokowi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu 26 Juli 2021.

Bagaimana menurutmu guys Sobat Hopers, target vaksin sedang digalakin lho. Kamu sudah vaksin?

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close