Trending

Minta maaf ke rakyat, Luhut: Nangis? enggak lah, sedih aja dipolitisasi

Koordinator PPKM Darurat Luhut Pandjaitan beberapa waktu lalu minta maaf ke seluruh rakyat Indonesia, penanganan PPKM Darurat belum optimal. Nah Luhut menceritakan kenapa dia bisa sampai minta maaf kepada rakyat. Luhut ngaku tugasnya berat dan dia nggak nangis menyapaikan minta maafnya tersebut.

Luhut merasa tugas menekan angka kasus Covid-19 bukanlah sesuatu yang mudah. Butuh fokus komitmen serta kerja sama dari semua pihak, bukan cuma pemerintah. Apalagi munculnya varian baru Delta yang lebih ganas.

Minta maaf Luhut, sedih saja

Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Foto: Antara

Luhut ditanyai apakah sampai nangis batinnya saat minta maaf kepada rakyat soal belum optimalnya PPKM Darurat. Pensiunan jenderal TNI itu membantahnya. Mana mungkin dia menangis sementara tugasnya belum selesai menurunkan angka Covid-19.

Luhut ngaku sedih saja, di tengah perang melawan Covid-19, ada saja yang mempolitisasi kondisi penanganan PPKM Darurat gitu.

“Nangis enggak lah, saya sedih saya lihat ada orang mainkan politisasi. Ini datang dari hati terdalam saya, ini soal kemanusiaan jangan dipolitisasi. Saya bukan pemain politik, kita ajarin anak-anak muda jangan begini dipolitisasi,” kata dia menjawab pertanyaan dari Kompas TV, Selasa malam 20 Juli 2021.

Soal dia meminta maaf kepada rakyat, Luhut merasakan itu adalah konsekuensi dari tugas yang diberikan oleh Presiden Jokowi. Tantangan dan tugasnya nggal mudah lho menurunkan Covid-19.

Luhut mengaku menerima tugas jadi Koordinator PPKM Darurat Jawa Bali ini teringat saat pimpin operasi militer di masa lalu. Dia merasakan sama-sama kehilangan anak bangsa.

“Saya merasa bagaimana kehilangan prajurit saya dalam operasi militer di Timor Timur,malam saya masih bicara, besok hari terjun dia sudah gugur. Sekarang dalam kondisi ini saya punya tanggung jawab kan nggak gampang, tak sesederhana menghentikannya, tapi tetap saja ada kegalauan. Kau nggak tahu betapa sulitnya, coba lihat negara di dunia ini (nggak ada yang mudah)” jelasnya.

Enggak pinter sendirian

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Maritim dan Investasi,Luhut Binsar Pandjaitan. Foto Instagram @luhut.pandjaitan

Luhut memastikan timnya yang terdiri dari anak-anak muda berintegritas terus memutar otak dengan idealismenya. Dia dan tim pun menerima semua masukan dan kritikan penanganan PPKM Darurat.

Luhut mengaku sudah mendengarkan masukan dari guru besar Fakultas Kedokteran UI, mencatat betul kritikan dan masukan yang muncul dari warganet serta kritikan lainnya yang muncul.

“Apa susahnya (mendengarkan masukan dan kritikan) emang kita pinter sendirian? enggak lah,” kata dia.

Luhut pun merasakan batinnya bergejolak mendengar jeritan PKL yang tersiksa dengan PPKM Darurat. Merasakan bagaimana susahnya menjadi rakyat kecil.

“Saya dengar itu jeritan PKL. Ayah saya itu sopir saya bukan anak orang kaya, saya bisa rasakan semuanya,” kata dia.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close