Hobi

Luncurkan fitur baru Reels, Instagram kena sindir TikTok di Twitter

Instagram baru saja merilis fitur barunya yang diberi nama Reels pada 5 Agustus 2020 lalu. Fitur ini juga telah diumumkan Instagram melalui akun Twitter resminya.

Namun, peluncuran fitur Instagram ini mendapat sindiran dari TikTok di Twitter. Melalui akun Twitter @tiktok_us, anak usaha ByteDance itu menyindir kicauan @instagram yang memamerkan fitur Reels.

Baca juga: 5 Cara hasilkan uang dengan mudah lewat TikTok

Reels merupakan fitur baru Instagram yang mirip dengan TikTok, yaitu fitur untuk membuat video singkat yang menarik dan dapat dimasukkan musik.

“Memperkenalkan cara baru untuk membuat dan mencari video singkat yang menghibur di Instagram,” tulis Instagram di Twitter saat memperkenalkan fitur tersebut.

Lantas kicauan tersebut pun mendapat respon dari @tiktok_us dengan mengutip cuitan dari Instagram dan menyebut bahwa fitur tersebut terlihat familiar atau mirip.

“Kayak kenal,” demikian cuitan TikTok.

Ilustrasi TikTok. Foto: Pixabay
Ilustrasi TikTok. Foto: Pixabay

Sontak kicauan TikTok ini pun mendapat banyak balasan. Beberapa ada yang menyindir balik TikTok, namun tidak sedikit juga yang mendukung sindiran TikTok ke Instagram itu.

Salah satu akun ada yang menulis bahwa seharusnya layanan video singkat milik Twitter yang saat ini sudah dimatikan, Vine, berkicau seperti saat ini saat Instagram menghadirkan fitur video.

Kemudian ada juga yang mendukung kicauan tersebut dan mengatakan seharusnya Snapchat pun melakukan hal yang sama seperti TikTok ketika Instagram mulai menghadirkan fitur Stories waktu itu.

Sebelum sindiran ini, CEO TikTok juga pernah mengkritik Facebook lewat blognya. Ia juga menyebut Facebook sebagai tukang tiru karena mengembangkan dua layanan yang mirip seperti TikTok.

Sekilas Reels

Kehadiran fitur Reels di Instagram disebut-sebut menjiplak TikTok. Hal ini karena Reels menyuguhkan kemampuan edit video agar mempermudah pengguna dalam membuat video-video kreatif.

Ilustrasi aplikasi Instagram. Foto: StockSnap di Pixabay

Reels sama seperti halnya fitur stories, yakni berdurasi 15 detik dan dapat ditambahkan musik atau audio lain.

Selain itu, Reels juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan kecepatan video serta memiliki banyak efek yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna.

Sebelumnya, fitur baru Instagram itu sudah dirilis di Brasil pada 2019 silam. Kemudian perusahaan memperluas fitur ini ke sejumlah negara seperti Perancis dan Jerman. Kini, Reels sudah hadir di 50 negara di seluruh dunia. (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close