Trending

Mahfud MD kapok percaya gaya Akidi, gegara USD1.000 ditertawakan BI

Menteri Koordinator politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menegaskan jika dirinya sejak awal sudah menduga sumbangan Rp2 triliun Akidi Tio merupakan halusinasi.

Mahfud mengaku sebelumnya sudah belajar dari pengalaman yang dirasakannya ketika mempercayai seseorang yang memiliki sekoper uang dolar Amerika yang nilai per lembarnya USD1000.

Ditegaskan, Mahfud yang saat itu menjabar Menteri Pertahanan mengecek hal tersebut ke Bank Indonesia yang berujung ditertawakan oleh Bank Indonesia.

Menurut BI hingga saat ini saja, Amerika Serikat hanya mencetak pecahan uang dolarnya per lembar dengan nominal USD100, artinya tidak ada pecahan uang per lembar yang nilainya USD1000.  

Menkopolhukam Mahfud MD. Foto: Trijaya.
Menkopolhukam Mahfud MD. Foto: Trijaya.

 “Sejak awal saya menduga kuat itu hanya halu dan prank. Saya punya beberapa pengalaman tentang itu,” kata Mahfud dikutip Hops.id dari  Tempo, Selasa, 3 Agustus 2021.

Mahfud MD pastikan sumbangan Akidi Rp2 triliun dalam bentuk pecahan

Terkait kasus sumbangan yang menghebohkan satu negara Indonesia, tersebut. Mahfud mengaku telah menghubungi Gubernur Sumatera Selatan Herman Daru. Dalam pertanyaan tersebut, dirinya memastikan bentuk sumbangan yang diberikan.

Saat menghubungi Gubernur, ia menanyakan apakah sumbangan yang diberikannya merupakan uang tunai rupiah, valas, giro, emas, saham, property atau dalam bentu apa.

Penyerahan simbolis sumbangan 2 triliun Akidi Tio. Foto Instagram @diskominfo_sumsel
Penyerahan simbolis sumbangan 2 triliun Akidi Tio. Foto Instagram @diskominfo_sumsel

Menurut Herman menjawab pertanyaan Mahfud, dirinya mengatakan jika saat penyerahan sumbangan memang tidak ada dokumen apapun yang diserahkan kepada pemerintah provinsi maupun pihak terkait yang hadir.

Penyerahan sumbangan hanya dilakukan berdasarkan tulisan sumbangan yang terdapat pada stereofom dengan tulisan angka nominal Rp2 triliun untuk penanggulangan covid-19 kepada Provinsi Sumatera Selatan.

“Herman hadir tanpa kecurigaan atau pikiran buruk dalam seremoni itu karena diundang sebagai Ketua Forkompimda Sumsel,” ujar Mahfud.

Mahfud MD
Mahfud MD. Foto Instagram @mohmahfudmd

Mendapat jawaban serta kronologis cerita sumbangan yang diberikan tersebut, Mahfud sendiri tidak banyak melakukan apapun selain hanya menunggu perkembangan.

 “Saya hanya menanyakan setiap perkembangan kepada Polri. Dan sekarang prosesnya, kan, sudah berjalan. Saya akan terus mengawal agar diselesaikan dengan tuntas,” kata Mahfud Md.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close