Hobi

Pria ini temukan makam Ford 1950 di halaman rumahnya

Seorang pria John Brayshaw mungkin tak mengira rumah yang dibelinya enam bulan lalu dijadikan makam mobil Ford Custom yang diketahui model produksi 1950. Mobil tersebut terkubur tepat di area taman rumahnya.

Penemuan makam Ford 1950 ini bermula ketika Jhon tengah membuat beberapa jalur panel untuk menata taman yang akan dibuat di halaman rumahnya. Ketika tengah menggali beberpa bagian tanah, dirinya menemukan besi yang ketika digali merupakan bagian bodi mobil.

Mengetahui benda yang ditemukan merupakan makam dari mobil, Jhon berfikir tak mungkin dirinya bisa mengeluarkan mobil dari makamnya tanpa alat berat. Akhirnya dirinya menggunakan truk pengeruk tanah untuk mengeluarkan mobil yang ditemukannya tersebut.

Makam mobil Ford Foto: daily mail

“”Aku ingin sekali bisa mengeluarkan mobil, tapi kurasa tidak mungkin dengan tangan. Ini bukan sesuatu yang kamu temukan setiap hari – itu benar-benar di tengah kebunku. Hanya aneh bagaimana di sana.” ungkap Jhon seperti dilansir Daily mail Sabtu 11 April 2020.

Tidak diketahui pasti berapa lama mobil tersebut telah dimakamkan di halaman kebun Jhon, namun saat di gali mobil Ford 1950 tersebut sudah dalam kondisi rusak dan hanya beberapa bagian yang masih memiliki bentuk seperti plat nomor  mobil yang masih dalam kondisi baik.

Beberapa bagian masih dalam posisi semula seperti setir masih melekat pada mobil yang diduga telah terkubur selama beberapa dekade tersebut. Di bagian dashboard telah rusak dan masih terlihat sisa speedometer bensin sedangkan beberapa sisa bagian telah mengalami korosi.

Bagian mobil ford popular Foto: daily mail

Mobil dengan warna abu-abu ini meskipun sebagian besar telah rusak namun bagian seperti mesin dan nomor rangka mobil masih terlihat baik. Jhon sendiri awalnya mengaku mobil yang ditemukannya tersebut merupakan kendaraan militer.

Baca juga: Mengenal mobil Kurt Cobain yang tewas 8 April 1994

Wilayah rumahnya yang berada di Heckmondwike, Yorkshire Barat sebelumnya dijadikan tempat untuk mengungsi beberapa agen rahasia selama perang dunia kedua. “Aku sudah diberitahu bahwa pada akhir perang dunia kedua ada gelombang orang yang dulu bekerja untuk Secret Service,” tambah John.

Penggalian yang terus dilakukan Jhon akhirnya dapat mengumpulkan semua bagian mobil yang terkubut. Namun sayang mobil tersebut sudah tak memiliki roda dan tidak ditemukan adanya roda mobil di lubang 7 meter kali 10 meter yang telah di gali Jhon.

Ford Popular

Ford Popular merupakan mobil yang dibangin oleh Ford UK antara tahun 1953 hingga 1962 dan sering dijuluki sebagai Ford Pop. Mobil ini sangat populer di jalanan Inggris selama di era 50 hingga 60-an.

Model Ford ini menjadi mobil yang laris manis di masanya, sehingga populasinya terbilang cukup banyak di jalan-jalan Inggris . Ford Popular merupakan mobil yang ditawarkan dengan harga terjangkau bagi konsumen dibanding beberapa model Ford lainnya.

Ford Popular Foto: Getty Image

Ford Populer memiliki mesin straight 4 side valve berkapasitas 1.172 Cc dan mampu menghasilkan tenaga 30 bhp. Seluruh tenaganya disalurkan menggunakan transmisi manual tiga percepatan. Dimensi mobil ini memiliki panjang 3.848 mm dengan lebar 1.435 mm dan tinggi 1.638 mm. Berat total mobil ini terbilang ringan dibawah satu ton atau sekira 737 kg.

Versi yang diduga dikubur di taman Mr Brayshaw adalah model 103E yang diproduksi mulai tahun 1953 hingga akhir dekade ini. Selama tiga tahun terakhir menjalankan mobil itu diberi perubahan dramatis dengan seri 100E.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close