Trending

Heboh makanan dan buah dari China terinfeksi virus corona, benarkah?

Hops.id – Beredar informasi mengenai bahaya makanan dari luar negeri. Dalam informasi yang beredar cepat di grup-grup whatsapp dan facebook itu disebutkan bahwa makanan dari luar negeri, utamanya Makanan dari China terinfeksi virus corona.

Penyebaran virus mematikan itu disebut melalui keringat pekerja yang terlebih dahulu terinfeksi, sehingga makanan tersebut banyak disita. Penerima pesan berantai ini juga diminta untuk membagikan pesan imbauan yang diklaim berasal dari Kementerian Kesehatan RI.

Berikut narasi yang beredar:

Innalillahi wa Inna Illaihi roji’un
Assalammu’alaikum Wr Wb

Breaking News : Meneruskan info dr Ibu2 Dubes KBRI KL
Tolong beritahu adek2, suami, isteri dan semua teman2 Perhatian ; Mulai saat ini jangan makan pruduksi luar dulu apa pun jenis nya , khususnya produksi luar negeri cina Karena kemungkinan besar pekerja pabrik tersebut pengidap virus carona dan bisa jadi jatuh keringat mereka masuk ke dalam kalengan2 itu , serta virus corona yg saat ini masih jadi masalah besar dunia telah diketahui DepKes dunia sehingga makanan tersebut telah banyak di sita tpi lebih banyak yg sdh terlajur diekspor juga, Setelah terima ini cepat kirim ke saudara2 n teman2 semua. Agar tidak konsumsi makanan apapun yg dari luar….. Demi keselamatan kita semua. Info dr ibu dubes KBRI
( Kementrian Kesehatan RI)
{semoga bermanfaat}. Mohon bantu share ya..🙏🙏
[ ‼‼WARNING‼‼
Tolong disebar luas kan
Mohon ijin info Ikatan Dokter Indonesia (IDI), menginformasikan bahwa saat ini wabah mematikan hanya butuh penanganan cepat
dan masih banyak makanan yg produksi luar
Info:

RS Fatmawati , RSCM , RS Siloam , All RS
Nara sumber :
Dr. H. Ismuhadi, MPH

Mohon dishare, sayangi keluarga anda.”

Ilustrasi buah. Photo: Pixabay

Setelah dilakukan penelusuran oleh Aribowo Sasmito, Co-Founder, Head of Fact Checker Committee di Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), disimpulkan informasi Makanan dari China terinfeksi virus corona. itu tidak benar alias hoax.

Baca juga: Kisah ditemukannya puluhan tengkorak di Jakarta Kota

Karena Menteri Kesehatan (Menkes) dr Terawan Agus Putranto sendiri sudah menyatakan makanan dan minuman yang diimpor dari China aman untuk dikonsumsi, kendati virus corona tengah mewabah di negara tersebut.

“Aman lah ndak masalah,” kata Terawan usai menghadiri rapat terbatas tentang dampak virus korona di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Menurut Terawan, yang dilarang masuk ke Indonesia itu adalah manusia dan hewan liar seperti kucing, anjing, ular, dan lain sebagainya. “Yang dilarang orang, dan virusnya. Makanan dan minuman ndak masalah,” tukasnya.

Sementara itu, Terawan memastikan pihaknya akan memonitor kondisi kesehatan orang yang akan masuk ke Indonesia, baik di jalur darat, laut maupun udara. Itu dilakukan demi mencegah masuknya virus korona.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengevakuasi 238 WNI dari Wuhan, China, pasca mewabahnya virus korona. Ratusan WNI itu kini telah berada di Indonesia dan sedang menjalani masa observasi selama 14 hari di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Riau.

Aribowo melanjutkan, informasi yang disebar ini masuk dalam kategori konten menyesatkan. “Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu. Sumber membagikan hoax yang sebelumnya sudah diklarifikasi pada tahun 2014, dengan mengganti beberapa bagian,” ujarnya.

Sebelumnya, kata Aribowo, hoax serupa juga sempat beredar pada 2014. Kala itu, dikaitkan dengan HIV Aids. “Jadi, ini hoax daur ulang, modifikasi dari hoax pesan berantai “AIDS di makanan kalengan dari Thailand” pada tahun 2014,” tutup dia. (Reinardi Sinaga)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close