Fit

Manfaat bawang putih untuk kesehatan, dari hipertensi hingga lindungi jantung

Bawang putih belakangan kerap dikaitkan dengan cara mengatasi covid-19 secara alami. Padahal hingga kini tak satupun penelitian yang menyebut bahwa manfaat bawang putih punya kemampuan mengatasi covid-19.

Namun memang tidak ada yang tahu pasti soal itu. Akan tetapi cukup banyak literatur yang dimuat di jurnal ilmiah menyebutkan manfaat bawang putih untuk kesehatan.

Dilansir laman WebMD, bawang putih dikenal mengandung zat antibakteri yang ampuh melumpuhkan bakteri pada manusia. Berdasar dari itu, kemungkinan banyak orang beranggapan bahwa virus juga bisa diatasi dengan bawang putih. Padahal hal itu salah kaprah.

Yang patut diketahui adalah manfaat bawang putih sanhgat baik untuk tubuh. Bahkan diketahui bawang putih mentah bisa turunkan kolesterol hinggga menyehatkan jantung.

Kandungan bawang putih

Bawang putih diketahui mengandung beberapa senyawa aktif yang memiliki manfaat bagi manusia. Dalam satu buah bawang putih biasanya terdapat 1-10 siung. Setiap siungnya itu sendiri memiliki berat sekitar 6-8 gram. Maka, per 100 gram berambang putih kira-kira mengandung:

4 kalori
1 gram karbohidrat
0,2 gram protein
0,1 gram serat
0,1 miligram mangan (setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh)
0,9 miligram vitamin C (setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh)
5,4 miligram kalsium (setara dengan 1% kebutuhan harian tubuh)
0,4 mikrogram selenium (setara 1 persen% kebutuhan harian tubuh)
sederet antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino.

Bawang putih juga diperkaya oleh senyawa sulfur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, dan dialil trisulfida. Ketika bawang putih mentah dikunyah dalam mulut, zat-zat sulfur tersebut akan bereaksi membentuk allicin.

Bawang Putih
Bawang Putih Photo:Pixabay

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

Seperti yang sudah dijelaska sebelumnya, bawang putih punya banyak manfaat kesehatan di antaranya sebagai berikut.

1.Turunkan kolesterol

Sebuah penelitian terdahulu yang dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine melaporkan makan sekitar 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung kecil) setiap hari berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis dalam dua bulan.

2.Mengendalikan tekanan darah

Bawang putih baik untuk pasien hipertensi. Potensi ini telah lama dikenal sebanding dengan obat hipertensi generik. Sebuah penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences melaporkan bahwa efek penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik sehabis makan bawang putih mentah hampir sama dengan obat atenolol. Selain itu, bawang putih juga mengandung polisulfida yang bekerja memperlebar pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah.

3.Menyehatkan jantung

Bawang putih dikenal sebagai pengobatan tambahan dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah, yang pada akhirnya mengurangi risiko aterosklerosis. Merangkum sejumlah penelitian, ekstrak aged garlic mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri.

4.Menurunkan risiko kanker

Laman National Center for Biotechnology Information, bukti penelitian sejauh ini menunjukkan kaitan antara konsumsi bawang putih rutin dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker termasuk kanker perut (lambung, usus besar, dan usus kecil), kanker kerongkongan, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat. Bawang putih mentah kaya akan kandungan sulfur aktif yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close