Fit

Manfaat daun pepaya, penting untuk kesehatan dan kecantikan

Dapatkan manfaat daun pepaya dengan mengonsumsinya secara teratur. Daun pepaya memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Daun ini bisa dijadikan bahan dalam masakan. 

Walaupun sudah cukup banyak dikenal, namun kandungan dalam buah pepaya belum banyak diketahui. Manfaat daun pepaya sangat berguna untuk menyehatkan tubuh selain itu juga berguna untuk kecantikan.

Berikut ini merupakan manfaat dari daun pepaya, seperti dikutip berbagai sumber.

Membuat kulit tetap sehat

Kulit yang sehat biasanya ditandai dengan kulit tetap lembab. Kelembaban pada kulit dapat dijaga dengan memanfaatkan daun pepaya. Kandungan dalam daun pepaya yang berupa vitamin dapat membuat kulit ternutrisi. Daun pepaya dapat dikonsumsi dengan menjadikannya sebagai minuman. Daun pepaya juga bisa diekstrak untuk dijadikan bahan dalam komposisi produk alami untuk kecantikan kulit.

Menjadikan rambut sehat

Rambut sehat. Foto: Pixabay
Rambut sehat. Foto: Pixabay

Daun pepaya tidak saja baik untuk kulit. Daun pepaya juga berguna untuk menjadikan rambut tumbuh dengan sehat. Daun pepaya dapat dijadikan campuran untuk shampoo. Kandungan daun pepaya pada shampoo akan membuat rambut menjadi lebih kuat serta tetap berkilau. Kandungan magnesium itulah yang berguna untuk menutrisi bagian dalam kulit kepala sehingga rambut bebas dari kerontokan.

Mencegah terjadinya demam berdarah

Daun pepaya dapat menyehatkan tubuh dari penyakit termasuk penyakit demam berdarah serta penyakit malaria. Penggunaan daun pepaya untuk mencegah demam berdarah bisa dilakukan dengan merebus daun pepaya. Perebusan daun pepaya bisa dilakukan dengan merebus daun pepaya sampai matang kemudian diinginkan sampai siap untuk diminum.

Pencernaan jadi lebih lancar, salah satu manfaat daun pepaya

Saluran cerna yang menyehatkan akan memastikan nutrisi pada makanan dapat tercerna dengan baik. Berbagai cara bisa dilakukan untuk memastikan saluran cerna tetap sehat. Saluran cerna tetap sehat dengan konsumsi daun pepaya. Kandungan daun pepaya berupa zat karpin akan sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Kandungan tersebut berguna untuk membasmi mikroorganisme jahat yang bisa mengganggu saluran cerna.

Manfaat daun pepaya bisa mengobati masalah jerawat

Jerawat merupakan masalah bagi kesehatan kulit. Jerawat dapat muncul karena adanya masalah pada hormon. Masalah jerawat dapat diatasi salah satunya dengan menjadikan daun pepaya sebagai masker. Pemakaian daun pepaya untuk kulit wajah bisa mengurangi masalah pada kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat dan jerawat bisa berkurang.

Jerawat. Foto: Pixabay
Jerawat. Foto: Pixabay

Daya tahan tubuh meningkat

Daya tahan tubuh yang berkurang bisa membuat tubuh menjadi mudah sakit. Daya tahan tubuh bisa tetap ditingkatkan dengan mengonsumsi daun pepaya. Kandungan pada daun pepaya dapat mencegah terjadinya kanker, penuaan, alergi, dan lain sebagainya. Efek tersebut tentu bisa dirasakan dengan konsumsi secara rutin.

Mencegah terjadinya radang pada luka

Peradangan yang terjadi karena luka bakar, bisa dikurangi efek buruknya dengan menggunakan daun pepaya. Daun pepaya mengandung zat chymopapain dan papain yang bermanfaat untuk mengurangi efek luka pada kulit. Caranya dengan mencuci kemudian menumbuk daun pepaya.

Manfaat daun pepaya bisa turunkan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan menggunakan daun pepaya yang direbus kemudian diminum. Apabila rasa dari daun pepaya terasa pahit tambahkan madu.

Daun pepaya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan. Kandungan daun pepaya sangat bermacam-macam.

Manfaat daun pepaya bisa membuat kulit dan rambut tetap sehat. tidak hanya itu, konsumsi daun pepaya juga bisa menurunkan darah tinggi, menjaga imunitas, mengurangi radang pada kulit, dan lain-lain. (RD)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close