Fit

6 Manfaat meniran, tanaman semak mampu tingkatkan imun hingga atasi diabetes

Bagi beberapa orang nama meniran bisa jadi terdengar asing di telinga. Tidak heran, karena tanaman yang satu ini biasanya hanya menjadi tanaman pinggir jalan yang keberadaannya sering terabaikan.

Meski tergolong tanaman semak atau gulma, ternyata meniran tergolong tanaman herbal yang punya manfaat bagi kesehatan.

Muslima Fest

Baca juga: WHO restui herbal untuk pengobatan infeksi virus covid-19

Meniran memiliki nama ilmiah Phyllanthus urinaria. Tanaman ini masuk ke dalam herbal keluarga menir-meniran atau Phyllanthaceae serta dikenal di negara luar dengan nama chamberbitter karena rasanyanya yang pahit.

Walau berasal dari Asia, tanaman yang mirip rumput ini banyak ditemukan di seluruh negara Amerika, terutama Amerika Selatan yang memiliki iklim tropis seperti Florida, Peru, dan Texas.

Herbal
Herbal Photo: Pixabay

Sebagai tanaman obat, meniran punya banyak kandungan senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir laman Web MD, akar dan daun meniran kaya akan senyawa flavonoid yang dapat digunakan dalam pengobatan asam urat, selain itu meniran memiliki efek anti bakteri serta anti-fungi atau jamur. Berikut ini beberapa manfaat meniran bagi kesehatan.

Bersifat diuretik

Meniran juga bersifat diuretik atau membantu pengeluaran urine. Sehingga membuatnya sering digunakan dalam pengobatan batu ginjal, saluran kemih serta infeksi kandung kemih.

Namun bagi pasien dengan penyakit ginjal akut, sebaiknya meminta supervisi dokter. Karena dalam beberapa kasus konsumsi herbal berbahaya bagi penyakit ginjal.

Tingkatkan imun tubuh

Meniran merupakan salah satu tanaman yang memiliki sifat immunomodulator atau dapat berperan mengaktifkan sistem tubuh, termasuk sistem imun atau sistem kekebalan tubuh menjadi lebih aktif menjalankan tugasnya.

Hal ini sangat menguntungkan bagi kesehatan karena jika sistem imun lebih aktif, maka daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai bakteri dan virus juga meningkat.

Antikanker

Selain memiliki kemampuan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tanaman ini ternyata juga berkhasiat sebagai herbal anti kanker.

Hal ini disebabkan sifat immunostimulator yang membantu merangsang aktivitas sel sehingga mampu menghambat tumbuhnya sel kanker.

Sebuah penelitian mengenai kegunaan meniran sebagai anti kanker seperti dipublikasikan di Chang Gung Medicine Journal (2010) menyatakan bahwa ekstrak tanaman ini tidak hanya dapat menekan pertumbuhan berbagai sel kanker namun juga dapat menekan perkembangan tumor.

Antidiabetes

Kegunaan lainnya yang tidak kalah hebat adalah sebagai herbal antidiabetes karena senyawa alami phyllanthin dan hypophyllanthin merupakan komponen utama yang diduga berperan aktif dalam penurunan kadar gula darah.

Meniran
Meniran foto: Solopos

Tuberculosis (TB)

Selain berbagai manfaat tersebut, tanaman ini juga memiliki manfaat lain yang berguna dalam pengobatan sakit kuning, malaria, sakit ayan, demam, tuberkulosis, serta sebagai terapi tambahan pada penyakit kulit seperti lepra dan herpes.

Hepatitis

Tanaman ini juga sering dimanfaatkan dalam pengobatan hepatitis karena memiliki efek farmakologi pada hati yaitu sebagai penghambat DNA Polymerase (DNA yang dibutuhkan agar virus dapat berkembang biak) pada virus hepatitis seperti dilansir tropilab.com (2013).

Walau bermanfaat bagi kesehatan, dianjurkan untuk tidak digunakan pada penderita gangguan ginjal akut serta orang yang memiliki reaksi alergi pada kandungan senyawa kimia di dalamnya.

Penggunaannya sebagai obat juga tidak disarankan pada wanita hamil. Seperti tanaman herbal lainnya, penggunaan meniran harus dibatasi serta disesuaikan dengan dosis dan kebutuhan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close