Fit

Manfaat pare ini sayang dilewatkan, takjub tak sepahit rasanya

Pare terkenal dengan rasanya yang pahit. Tapi ingat, rasa pahitnya tak sebanding dengan manfaat pare. Jauh dari perkiraan kita.

Meskipun pahit pare mengandung banyak nutrisi. Pare bisa dioleh menjadi sayuran yang direbus, dijadikan jus, tumis, dan lain sebagainya.

Pare mengandung berbagai vitamin, mineral, potasium, dan nutrisi lainnya. Kandungan dalam pare bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. 

Coba cek berbagai manfaat pare ini, seperti dikutip berbagai sumber: 

Mengurangi efek buruk dari radikal bebas

Dalam satu porsi pare terkandung nutrisi yang penting untuk tubuh. Dalam pare terdapat vitamin C yang bisa mencegah tubuh mengalami gangguan kesehatan. 

Salah satu sumber masalah kesehatan adalah dengan adanya radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penyakit, bisa berupa kerusakan pada sel tubuh sampai kanker kulit. 

Manfaat pare bisa membuat gula darah lebih terkendali

Insulin memegang peranan untuk membuat kadar gula darah tetap stabil. Insulin berguna untuk membuat glukosa dalam darah menjadi energi. Konsumsi pare bisa membantu penurunan gula darah dalam tubuh. 

Hal tersebut dapat menjadikan kadar gula darah dalam tubuh menjadi lebih stabil. Pare juga berfungsi untuk mengatur peredaran glukosa dalam darah serta organ lain dalam tubuh. 

Menurunkan kolesterol dalam darah

Kolesterol dalam tubuh dalam tingkat tertentu bisa membahayakan kesehatan tubuh. Kolesterol yang berlebih dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Penyempitan tersebut bisa berdampak pada meningkatnya risiko terjadinya stroke dan serangan jantung. 

Konsumsi pare untuk menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan menjadikannya jus atau masakan dalam menu makan.

Imun tubuh meningkat

Dalam pare terkandung antioksidan yang tinggi, satu diantara kandungan tersebut adalah vitamin C. kandungan antioksidan bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Kandungan dalam pare dapat meningkatkan ketahanan tubuh dari penyakit sehingga tubuh tidak mudah jatuh sakit. 

Kandungan dalam pare dapat mengurangi efek buruk dari radikal bebas yang berefek buruk untuk kesehatan.

Ilustrasi penderita flu. Foto: Alexandr Litovchenko di Pixabay

Manfaat pare bisa meringankan asma

Sakit asma tentu saja bisa menghambat aktivitas. Asma dapat mengganggu sistem pernapasan. Penyakit asma bisa dikurangi efek buruknya dengan mengonsumsi pare. 

Kandungan dalam pare dapat menyehatkan pernapasan karena pare bisa berguna sebagai antiinflamasi, antihistamin, dan antivirus. Kandungan nutrisi yang berguna tersebut menjadikan pare sebagai makanan yang membuat tubuh lebih sehat.

Tulang jadi lebih sehat

Setiap vitamin memiliki manfaatnya masing-masing. Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin K. Kandungan dalam vitamin K bermanfaat untuk membantu proses pembekuan darah serta menjadi cara untuk membantu penyebaran kalsium dalam tubuh.

Dengan begitu, tulang menjadi lebih padat dan bisa membantu pemulihan patah tulang serta membuat darah pada luka menjadi cepat sembuh.

Manfaat pare bisa mencegah pertumbuhan sel kanker

Sel kanker
Sel kanker. Foto: Pixabay

Sel kanker bisa terjadi karena adanya masalah pada sel dalam tubuh. Kandungan dalam pare bisa berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Berbagai jenis kanker yang bisa dikurangi efek buruknya dan dicegah bisa berupa kanker payudara, usus besar, kanker darah, dan lain-lain. 

Meskipun pare memiliki manfaat sehat untuk mencegah kanker. Gaya hidup sehat tetap harus diperhatikan agar tubuh terbebas dari kanker.

Kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Tubuh harus tetap sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Salah satu makanan yang berguna untuk kesehatan tubuh adalah pare. Dalam pare terkandung berbagai manfaat pare untuk mencegah penyakit serta menjaga fungsi tubuh. Jadi, pare bisa jadi pilihan makanan sehat dalam menu makan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close