Fit

Manfaat pisang, satu di antaranya sehatkan kulit 4 lainnya simak di sini

Tahukah kamu manfaat pisang ternyata sangat banyak sekali, terutama bagi kesehatan tubuhmu? Kamu bisa dapatkan di sini. 

Buah pisang punya rasa yang pas di lidah, cepat mengenyangkan. Harganya pun yang sesuai kantong. Makanya, tak sedikit orang yang suka buah kuning ini.

Ingin tahu? Yuk, simak uraian singkatnya. 

Membantu melancarkan pencernaan

Kesalahan asupan makan, diare bisa terjadi. Kekurangan makanan yang berserat juga dapat mengakibatkan sembelit. Untuk mengatasinya, rajinlah mengkonsumsi pisang yang kaya akan serat, sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi sembelit. teksturnya yang lembut, membuat pisang mudah dicerna. Kandungan kalium dalam pisang pun dapat menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare. 

Buah pisang, anggur, dan apel banyak manfaat buat tubuh. Foto: Pixabay
Buah pisang, anggur, dan apel banyak manfaat buat tubuh. Foto: Pixabay

Manfaat pisang bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi

Hipertensi merupakan penyakit yang dapat membahayakan dan menjadi penyebab kematian. Maka, untuk mengatasinya, makanan yang menjadi asupan setiap harusnya benar-benar harus diperhatikan.

Salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi menurut American Heart Association (AHA) ialah pisang, dikarenakan mengandung kalium yang cukup bagus untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Tentunya pengkonsumsian pisang harus diimbangi dengan menghindari makanan berlemak dan yang mengandung garam, atau makanan yang dapat menaikkan kembali tekanan darah dalam tubuh. 

Mengurangi risiko terkena stroke

Kalium dalam pisang yang berperan untuk membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh, berperan untuk mengurangi risiko terkena stroke dini. Terutama untuk perempuan yang sudah mengalami menopause, yang mudah terserang hipertensi. 

Menurut penelitian, wanita yang sudah berusia lanjut dan mengalami menopause, bila mengonsumsi makanan berkalium tinggi seperti pisang dapat menurunkan risiko stroke, daripada yang tidak pernah memberikan kalium dalam tubuh melalui makanan. 

Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi. Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Manfaat pisang bisa menambah stamina ketika olahraga

Ketika olahraga, tentu akan ada banyak cairan yang hilang dalam tubuh. Untuk menggantinya, kamu dapat memanfaatkan pisang dengan memakan sebelum berolahraga, daripada minuman yang banyak mengandung gula maupun bahan buatan lain yang kurang sehat. 

Pisang yang mengandung kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B6 dapat menjadi pengganti minuman yang mencegah dehidrasi sewaktu berolahraga. Elektrolit dalam tubuh pun dapat digantikan dengan kalium dari pisang. Pun, pisang dapat mengontrol tubuh dalam mengkonsumsi makanan tidak sehat setelah berolahraga dan menjadikan perut terasa kenyang lantaran adanya karbohidrat yang terkandung. 

Manfaat pisang bisa mengembalikan fungsi normal setiap bagian tubuh

Pisang pun mengandung banyak magnesium yang baik untuk mengembalikan fungsi setiap sel organ dalam tubuh kembali normal. Magnesium dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu dalam pembentukan protein, memproduksi energi, menjaga fungsi tiap otot dan saraf seperti semula, serta mengendalikan kadar gula dalam darah agar tekanan darah tidak naik. 

Dengan mengkonsumsi pisang sebanyak dua buah setiap harinya, maka 16% asupan magnesium akan masuk dalam tubuh. Kamu pun terhindar dari risiko penyakit akibat kekurangan magnesium seperti nafsu makan menurun, kesemutan pada kaki atau tangan, migrain, osteoporosis, serta gangguan pada denyut jantung. 

Itulah lima manfaat pisang yang baik untuk kesehatan. Mulai sekarang, mari masukkan pisang dalam daftar buah yang harus selalu kamu konsumsi agar terhindar dari risiko penyakit berat akibat kekurangan kalium maupun magnesium.

Jangan lupa pula untuk selalu memilih pisang yang matang. Sebab, serat yang terkandung dalam pisang matang dan masih mentah berbeda, yang dapat mengganggu pencernaan tubuh bila sampai salah memilih. Jadi, selamat hidup sehat dan semoga bermanfaat. 

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close