Fit

Manfaat tomat, buah yang disangka sayur ini ternyata bagus buat diet

Manfaat tomat tak diragukan lagi. Meskipun kamu kadang-kadang, bertanya, buah merah yang sering dimasak berbarengan dengan sayur mayur lainnya ini masuk dalam kategori sayur atau buah-buahan.

Menurut peraturan impor bahan makanan, tomat dimasukkan dalam kategori sayuran. Akan tetapi, jika diperhatikan menurut cara tumbuhnya, para ahli tanaman sudah pasti akan menyimpulkan tomat merupakan jenis buah. 

Di luar perbedaan pendapat tersebut, selain digemari akan rasanya yang manis juga kecut, tomat ternyata memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. 

Mau tahu apa saja? Simak ulasan singkat mengenai 6 manfaat tomat, seperti dikutip dari berbagai sumber, berikut: 

Menyehatkan jantung

Pernahkah kamu memperhatikan keadaan tomat di dalamnya yang berbentuk selayaknya katup jantung? Ternyata bentuknya pun memiliki pengaruh akan khasiat yang dihasilkan. Pasalnya, tomat mampu membantu menyehatkan jantung. 

Tomat mengandung likopen yang berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat serta trigliserida dalam tubuh. Ikatan lemak yang rusak dalam sel darah pun dapat dikembalikan melalui likopen dalam tomat, sehingga kadar lemak yang berlebihan dapat dikendalikan. 

Tomat pun memiliki beta karoten yang mampu mengecilkan peluang untuk kamu terkena sindrom metabolisme, yaitu gangguan terhadap sistem metabolisme tubuh sehingga dapat menaikkan tekanan darah, pun gula dalam darah. 

Vitamin C pun tersimpan dalam tomat yang dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. 

Sayur mayur: Brokoli, tomat, mentimun, seledri, dan cabai. Foto: Pixabay
Sayur mayur: Brokoli, tomat, mentimun, seledri, dan cabai. Foto: Pixabay

Manfaat tomat bisa menyehatkan mata

Sudah tidak diragukan lagi jika Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata, menaikkan produktivitas retina ketika dalam penerangan yang minim, serta meningkatkan kondisi mata agar dapat menginterpretasikan warna lebih banyak. 

Semua manfaat tersebut bisa kamu peroleh setelah mengkonsumsi tomat secara rutin. Pasalnya, beta karoten dalam tomat selain dapat menjaga kesehatan jantung juga dapat berubah menjadi vitamin A ketika dicerna. Sehingga, kandungan Vitamin A dalam tomat akan semakin bertambah. 

Menyehatkan tulang

Journal of Bone and Mineral Research melakukan penelitian terhadap kandungan likopen dalam tomat yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Hal tersebut terbukti lantaran kandungan likopen yang tinggi dalam tomat dapat menurunkan risiko orang terkena osteoporosis dan mengalami cedera patah tulang. 

Manfaat tomat bisa menyehatkan kulit

Minyak zaitun memang memiliki khasiat untuk menyehatkan kulit. Lantas, apa jadinya bila dikombinasikan dengan tomat? Maka, khasiatnya akan semakin berkali lipat dalam menyehatkan kulit, menjadikannya tetap kencang dan terlihat awet muda. Pasalnya, tomat dan minyak zaitun dapat membuat kulit untuk memproduksi pro-kolagen yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat terlalu kering ataupun sering terkena paparan sinar matahari. 

Senam membuat badan langsing. Foto: Pixabay
Senam membuat badan langsing. Foto: Pixabay

Menurunkan risiko terkena kanker

Kandungan likopen, karotenoid, dan polifenol dalam tomat pun dapat membantu menangkal radikal bebas yang berada di lingkungan sekitar akibat polusi maupun konsumsi makanan yang tidak sehat. Mengonsumsi tomat secara rutin setiap hari, dapat menurunkan risiko terkena kanker maupun penyakit berbahaya lain akibat radikal bebas yang berlebih dan berkembang biak dalam tubuh. 

Yang tak banyak tahu, manfaat tomat bisa melangsingkan tubuh

Tomat pun mengandung kalori yang cukup rendah serta karbohidrat yang dapat menjadi pengganti asupan gizi ketika kamu tengah melakukan diet.

Maka, saat hendak menurunkan berat badan, jangan tinggalkan tomat untuk dikonsumsi setiap harinya, sebab hampir setengah nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh sudah terkandung dalam tomat. Diet lancar, kesehatan pun tetap terjaga. 

Nah, itulah enam manfaat tomat yang dapat kamu rasakan untuk kesehatan. Mulai masukkan tomat sebagai menu harian agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Semoga bermanfaat dan selamat hidup sehat. 

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close